Lebaran Kedua, 1.100 Wisatawan Kunjungi Pulau Angsoduo

Dermaga Pulau Angso Duo
Angso Duo -- Memasuki H+2 lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah mulai terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang berlibur ke Pulau Angso Duo Pariaman. Pulau Angso Duo yang terus dibenahi oleh Pemko Pariaman sejak beberapa tahun terakhir ini, mengundang penasaran wistawan yang dominan pemudik berkunjung ke sana.

Salah seorang wisatawan asal Pekanbaru, Riau, Ade Wiratana mengatakan kunjungan ke Pulau Angso Duo merupakan pertama kali dia sejak pulau itu dioptimalkan sebagai objek wisata oleh Pemko Pariaman. Menurutnya, banyak perubahan di lokasi tersebut dibanding saat ia berkunjung pada liburan lebaran tahun  2013.

"Sekarang jauh lebih bersih, apalagi sudah ada dermaga dan jasa permainan air. Wisata ke Pariaman jauh lebih nyaman," ujarnya, Senin (26/6/2017), di Pulau Angso Duo..

Ia juga membandingkan pengelolaan penyeberangan ke Pulau Angso Duo yang telah dikelola secara baik oleh Pemko Pariaman di banding masa lalu.

Kepala Seksi Pengawasan dan Perizinan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Fatma, mengatakan, kunjungan wisatawan pada hari kedua lebaran mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan hari pertama lebaran.

Berdasarkan data manives penyeberangan yang direkapnya, sudah tercatat 1.100 wisatawan mengunjungi ke pulau Angso Duo pada hari ini.

"Ada dua titik penyeberangan yang dikelola oleh Pemko, dari 1.100 pengunjung, 600 wisatawan menyeberang melalui Dermaga Muaro, 500 orang menyeberang melalui Pantai Gondariah," ujarnya.

Menurut dia, kunjungan di hari kedua ke Pulau Angso Duo meningkat dibandingkan hari pertama lebaran yang tidak lebih dari 200 orang wisatawan.

"Dibandingkan hari kemarin jauh peningkatannya, mungkin karena sudah lebaran semua," ujarnya.

Puncak kunjungan wisatawan di Kota Pariaman menurutnya tetap akan bertahan hingga akhir lebaran yakni pada H-7, Minggu 2 Juli mendatang.

Nanda