Salman Hardani Mundur, Damsuar Pimpin PDIP Padangpariaman




Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Padangpariaman, Salman Hardani, resmi mengundurkan diri sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Padangpariaman.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Padangpariaman, Defriadi, menegaskan, pengunduran diri Salman Hardani sebagai ketua DPC PDI Perjuangan karena kesibukan agenda dia di DPRD Kabupaten Padangpariaman.

Untuk mengisi kekosongan pimpinan parpol berlambang banteng itu, terang dia, internal PDI Perjuangan telah menetapkan Damsuar sebagai ketua pelaksana harian DPC PDI Perjuangan Padangpariaman.

"Surat pengunduran diri Pak Cai (Salman Hardani) telah dibahas dalam rapat internal dan menetapkan Damsuar sebagai PLH sementara waktu," terang anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Padangpariaman itu.

Defriadi membantah jika pengunduran diri Salman Hardani sebagai ketua terkait dengan beredarnya video dugaan konsumsi narkoba yang sempat melibatkan nama Salman tersebut.

"Tidak ada tekanan apa pun dari partai, yang jelas pengunduran diri dia murni karena ingin fokus melaksanakan tugas di dewan. Pengunduran diri tersebut memberikan peluang bagi kader lain lebih optimal mempersiapkan parpol menghadapi pemilu 2019 mendatang," ulasnya.

Sementara itu, Salman Hardani menkonfirmasi tentang kebenaran pengunduran dirinya sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Padangpariaman. Ia membantah pengunduran dirinya disebabkan tekanan parpol.

Ia membenarkan bahwa pengunduran dirinya itu untuk memberikan kesempatan bagi kader potensial PDI Perjuangan Padangpariaman mempersiapkan parpol dalam menghadapi pemilu legislatif 2019 mendatang.

"Karena kesibukan-- banyaknya agenda dewan membuat pelaksanaan tugas saya di parpol tidak optimal. Menghadapi persiapan pemilu dalam waktu dekat lebih akan lebih optimal jika dipimpin oleh orang yang memiliki banyak waktu mengurus parpol," ujar Salman.

Ia mendukung penetapan Damsuar sebagai PLH DPC PDI Perjuangan hasil rapat internal parpol. Damsuar dianggap orang yang tepat mengantikan dirinya dalam mempersiapkan parpol menghadapi pemilu 2019 ke depan.

"Bulan Juni 2017 ini akan ada verifikasi parpol yang akan mengikuti Pileg 2019. Ditetapkannya pak Damsuar sebagai PLH akan optimal dalam penyelenggaraan parpol," pungkasnya.

Damsuar sendiri adalah mantan Wakil Bupati Padangpariaman periode 2010-2015. Ia tidak mencalonkan diri pada Pilkada Padangpariaman lalu. Dari informasi yang beredar ke telinga wartawan, Damsuar dengan mengambil kursi ketua PDIP, telah mengambil ancang untuk menghadapi Pilkada Padangpariaman 2020.

Nanda/OLP