Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPRD Dukung Perluasan Monumen Perjuangan TNI AL Pariaman

9 Maret 2017 | 9.3.17 WIB Last Updated 2017-03-09T04:10:11Z



Keberadaan Monumen Perjuangan TNI AL dilengkapai tiga unit alutsista di Ujung Muaro Pariaman, akan menjadi magnet tersendiri bagi pariwisata Pariaman, khususnya wisata edukasi bertema sejarah.

"Tentu akan memperkokoh posisi Pariaman sebagai destinasi bahari terkemuka di Sumatera Barat," ujar Wakil Ketua DPRD Pariaman, Syafinal Akbar, Kamis (9/3).

Ia mengatakan, sejarah ALRI di Pariaman merupakan sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan RI. Ia menuturkan Semboyan 'Merdeka atau Mati' menggema di Pariaman saat pertempuran sengit ALRI bersama rakyat dalam mempertahankan pesisir barat Sumatera agar tidak sampai jatuh ke tangan Belanda yang membonceng Inggris dengan mengikutkan Brigade Gurkha saat itu: pada masa agresi Belanda II.

"Yang dibutuhkan saat ini bagaima kita menyajikan informasi sejarah kepada wisatawan yang mengunjungi monumen ini. Hingga nantinya wisatawan yang berkunjung paham dengan sejarah kemaritiman Pariaman," sambungnya.

Terkait perluasan area monumen, sebut Syafinal, pihaknya sebagaimana disampaikan Ketua DPRD Mardison Mahyuddin sebelumnya, tentu sangat mendukung dalam hal penganggarannya.

"DPRD selalu mendukung kebijakan pemerintah yang memihak rakyat, untuk perluasan monumen saya kira teman-teman di DPRD akan sepakat mendukungnya," imbuhnya.

Sebelumnya Walikota Pariaman Mukhlis Rahman berencana akan memperluas area Monumen Perjuangan TNI AL dengan membentuk mirip sebuah markas agar alutsista bersejarah yang ada di dalamnya terlindungi.

Pembangunan monumen sendiri menurutnya dibuat atas desakan veteran TNI yang menginginkan adanya jejak sejarah tentang keberadaan TNI AL di Pariaman yang bertempur sengit pada masa agresi Belanda II tahun 1948 hingga 1949.

"Monumen sekaligus kita buat untuk menghormati jasa pahlawan yang telah gugur membela tanah air saat perperangan di Pariaman berlangsung," ujar Mukhlis.

OLP
×
Berita Terbaru Update