Ratusan Pelajar Pariaman Ikuti Bela Negara





Ratusan pelajar tingkat SLTA di Kota Pariaman ikuti Outbond Pendidikan Bela Negara di Pantai Cermin Pariaman, Sabtu (25/2/2017). Pelaksanaan Outbond Bela Negara kerjasama Pemko Pariaman dengan KODIM 0308/Pariaman.

Menurut Sekdako Pariaman Indra Sakti dalam pidato sambutannya, Bela Negara merupakan tuntutan kesadaran yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

"Dengan kesadaran untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan," ujarnya.

Ia menyatakan, perwujudan nasionalisme kebangsaan saat ini sudah tidak lagi dimaknai sebagai tindakan 'pegang senjata untuk perang', namun memaknai dengan mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan para pejuang kemerdekaan.

"Tugas kita sebagai penerus bangsa mengisi kemerdekaan dengan menumbuh-kembangkan semangat nasionalisme yang dimulai dari dalam diri kita masing-masing, keluarga dan handai taulan," sambungnya.

Pihaknya mengajak peserta pelatihan untuk menguatkan komitmen dalam mengikuti pendidikan bela negara. Hal itu diperlukan guna memperkokoh ketahanan bangsa demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Wawasan kebangsaan sangat diperlukan generasi-generasi sekarang dan yang akan datang, khususnya pelajar," pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Kasdim 0308/Pariaman Mayor. Inf. Marjoni, Kadisdikpora  Pariaman Kanderi, Kesbangpol, camat dan seluruh kepala sekolah SLTA se Kota Pariaman.

Phaik/OLP