DPRD Kota Pariaman Sahkan Dana Bonus Atlet Peraih Medali Porprov





DPRD Kota Pariaman telah mengesahkan anggaran untuk pemberian bonus kepada atlit dan pelatih peraih medali, baik emas, perak maupun perunggu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar 2016.

Anggaran bonus sekitar Rp2 miliar tersebut, disahkan bersamaan dengan APBD Tahun 2017 Kota Pariaman, 30 November lalu.

"Nominal bonus sekarang sedang dibahas pihak eksekutif, namun DPRD menyarankan Rp25 juta untuk emas, Rp12,5 juta untuk perak dan Rp6,25 untuk perunggu. Sedangkan untuk bonus pelatih, sekitar 10 sampai 15 persen dari nominal yang diberikan kepada atlit peraih medali," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Senin (5/12).

Menurutnya, bonus yang diberikan kepada atlit, tidak ada pemotongan kecuali pajak. Bonus 10 hingga 15 persen bagi pelatih tidak diambil dari bonus atlit, melainkan dari anggaran yang sudah disediakan Rp2 miliar tersebut.

Terkait pencairan bonus atlit, kata Syafinal, DPRD meminta pihak eksekutif melakukan secepatnya, sesuai dengan aturan pencairan keuangan daerah.

"Kalau bulan Januari tidak mungkin dicairkan, karena seluruh anggaran kegiatan diseragamkam pencairannya melalui Perwako, bisa jadi bulan Februari atau selambatnya Maret 2017," kata Syafinal.

Sebelumnya Walikota Pariaman menegaskan, Pemko Pariaman akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali pada Porprov XIV Sumbar.

"Jumlahnya tentu kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Sebagaimana diketahui, Porprov XIV Sumbar di Padang berakhir pada 29 November lalu. Kota Pariaman meraih ranking 11 dengan 19 medali emas, 30 perak dan 57 perunggu. Kota Pariaman juara umum pada cabang olahraga tarung derajat dan sepatu roda.

OLP