Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BMKG- Potensi Gempa Megatrust Mentawai Diperkirakan Capai 9.1 SR

22 Desember 2016 | 22.12.16 WIB Last Updated 2016-12-22T04:39:45Z



Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengimbau seluruh stakeholders bersinergi dalam mengurangi resiko dampak bencana alam di Pariaman.

Hal itu dia ungkapkan saat memimpin rapat tim koordinasi penanggulangan bencana dan perumusan anggaran dalam upaya penanggulangan bencana yang terkoordinir, terarah dan terukur, di Balaikota, Rabu (21/12).

Mukhlis menuturkan, berbagai dampak akibat bencana memerlukan penanganan bersifat komperehensif (tuntas/menyeluruh) melibatkan berbagai pihak-- terutama partisipasi warga.

"Dampak dari akibat bencana (alam) semuanya tidak mungkin bisa hanya ditangani oleh pemerintah saja. Partisipasi semua pihak sangat diperlukan," ujarnya.

Dia berharap kepada semua tim koordisasi penanggulangan bencana Kota Pariaman yang hadir dalam acara itu agar dapat mensosialisasikan materi kepada masyarakat dan keluarga mereka masing-masing.

Di saat yang sama Kepala Stasiun BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono menyatakan perlunya bagi masyarakat memahami peringatan yang dikeluarkan oleh pihaknya.

Dia mengatakan di Sumatra Barat merupakan daerah rawan bencana gempa. Para peneliti menurutnya memperkirakan zona Mentawai Megatrust masih menyimpan potensi gempa diikuti tsunami dalam skala perkiraan 9.1 SR.

"Diperlukan sinkronisasi prosedur tingkat provinsi dengan kabupaten/kota untuk menyatukan langkah yang akan diambil untuk mengurangi resiko bencana yang akan timbul," ungkap dia.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Pariaman Yaminurizal menambahkan, dari 10 potensi bencana yang mengancam Pariaman, paling tinggi resikonya adalah bencana banjir, gempa dan tsunami.

Proses penanggulangan bencana menurutnya terdiri atas tiga tahapan meliputi prabencana, tanggap darurat saat bencana dan pasca bencana.

"Kita telah melaksanakan seluruh tahap tersebut setiap ada bencana yang terjadi di daerah kita," kata dia.

TIM
×
Berita Terbaru Update