Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman dan Kodim 0308 Tanamkan Ideologi Kebangsaan Pada Pelajar

12 Oktober 2016 | 12.10.16 WIB Last Updated 2016-10-12T12:22:32Z




Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemko Pariaman bekerjasama dengan Kodim 0308/Pariaman gelar sosialisasi 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi generasi muda bertempat di Aula BPKB Rawang, Selasa (11/10).

Hadir pada acara itu Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dengan menghadirkan narasumber Kepala Kesbangpol Yusrizal, Kasdim Kodim 0308/Pariaman Mayor P. Simbolon. Peserta dari perwakilan siswa-siswi SMA/sederajat se-Kota Pariaman dan perwakilan mahasiswa se-Kota Pariaman.

Genius Umar dalam sambutanya mengungkapkan akan arti pentingnya penyegaran kembali untuk mengenali dan memahami landasan ideologi bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini mulai luntur dan cenderung pada arah yang tidak sesuai dengan ideologi yang telah digagas oleh pendiri bangsa.

Untuk itu, kata Genius perlu dipahami kembali empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara. Konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, kata dia pernah dikenal sebelumnya dengan istilah Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

Dia menerangkan Penataran P4  saat masuk sekolah dulu sekarang digalakkan kembali dengan istilah 4 konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara dengan harapan baru yakni warga Indonesia khususnya generasi muda paham dan mengaplikasikan 4 pilar tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

"Generasi uda diharapkan harus punya wawasan kebangsaan, berkarakter, etika moral budaya dan rasa kebangsaan," tuturnya.

Sementara itu Mayor P. Simbolon pada kesempatan sama menjelaskan ihwal tersebut merupakan tugas semua pihak agar lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan.

Pilar bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, kata Simbolon yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan mulai merapuhnya empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara, imbuh Simbolon perlu adanya upaya dari seluruh komponen bangsa.

"Untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan UUD 1945 dengan baik, menjiwai Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat dan memperjuangkan NKRI agar berdaulat utuh dan selamat," ucapnya.

Phaik/OLP
×
Berita Terbaru Update