Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Naikan Penumpang di Tempat Larangan, Kapal ke Pulau Angsoduo Karam

29 Mei 2016 | 29.5.16 WIB Last Updated 2016-05-30T13:28:07Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar akan menindak tegas pengusaha kapal wisata ke pulau yang menaikan penumpang di Pantai Gandoriah. Menurut dia pihaknya akan mengevaluasi izin kapal tersebut pasca karamnya kapal wisata yang hendak menuju Pulau Angsoduo di Pantai Gandoriah, Minggu (29/5).

"Peristiwa ini momentum. Mulai besok tidak boleh satu pun kapal menaikan penumpang selain di dermaga. Kita juga akan proses secara hukum pemilik kapal karam," tegas Genius.

Peristiwa kapal karam tersebut dari pantauan wartawan di lapangan terjadi sekitar pukul 10.20 WIB persis di halaman Pantai Gandoriah yang saat itu menghelat Festival Pesona Gandoriah tahun 2016.

Pemilik kapal nekat menaikan penumpang di zona terlarang. Transportasi ke pulau hanya melegalkan 17 kapal yang semuanya menaik turunkan penumpang di dermaga. Penumpang berjumlah 20 orang tersebut berhasil dievakuasi oleh Tim Rescue BPBD Kota Pariaman bersama masyarakat setempat.

Menurut Syafruddin (45) warga Pasir Pariaman yang terlibat dalam proses evakusi mengatakan bahwa kapal karam disebabkan cuaca buruk dan kondisi kapal yang diduga bocor. Mulanya datang bantuan satu kapal wisata untuk lakukan evakuasi. Selama proses pemindahan penumpang, kapal naas tersebut miring ke kanan dan rebah. Kapal dipenuhi air membuat penumpang panik.

"Kapal itu bocor saat dinaiki. Mulanya 17 penumpang berhasil pindah kapal menyisakan tiga penumpang lagi, seorang ibu-ibu, satu lelaki dan satu perempuan usia sekitar 12 tahun," kata Syafruddin.

Melihat kapal karam tersebut, ujarnya, warga merenangi laut, pihak BPBD turunkan jetsky dan kapal aluminium.

"Alhamdulillah semua penumpang selamat. Di atas kapal juga ada rompi apung," jelas dia.

Saksi mata Rina (40) mengaku melihat perempuan histeris memekik memanggil anaknya yang ada di atas kapal.

"Wisatawan dari Padang, ibunya tetap di Gandoriah sedangkan anak perempuannya ke pulau.  Untung saja tenggelamnya hanya belasan meter dari bibir pantai, jika tidak saya sendiri tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi," ucap Rina.

OLP
×
Berita Terbaru Update