Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis: Kesenian Tradisional Media Efektif Penyampai Informasi dan Edukasi

16 Mei 2016 | 16.5.16 WIB Last Updated 2016-05-16T12:21:29Z



Kesenian tradisional merupakan media efektif dalam penyampaian komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara festival komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) melalui kesenian lokal/tradisional tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 di pentas Pantai Gandoriah, Minggu (15/5).

"Para pengembang Islam di Pariaman juga telah memanfaatkan kesenian tradisional untuk mengenalkan ajaran Islam. Pada masa orde baru juga sering memanfaatkan kesenian tradisional untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan keada masyarakat. Sekarang juga memanfaatkan hal yang sama agar pesan-pesan program kependudukan dan KB bisa sampai kepada masyarakat," kata Mukhlis.

Kesenian tradisional, ungkap dia, juga erat kaitannya dengan pengembangan pariwisata. Kota Pariaman selama ini terus berupaya untuk menghidupkan sanggar-sanggar kesenian tradisional dan sekolah-sekolah karena seni dan budaya merupakan daya tarik bagi wisatawan.

Dia juga menyambut baik terhadap iven-iven yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Kota Pariaman. Kota Pariaman sedang giat-giatnya mempromosikan sektor pariwisata. Upaya pembenahan fasilitas umum terus dilakukan setiap tahunnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Nofrijal, menyampaikan bahwa kegiatan festival KIE program KKBPK melalui kesenian lokal/tradisional tingkat Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh kabupaten/kota se Sumatera Barat.

"Festival ini diikuti oleh 14 kabupaten/kota se Sumatera Barat dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang program KKBPK kepada masyarakat dengan memanfaatkan kesenian tradisional. Cara penyampaian informasi melalui kesenian tradisional ini sangat mudah dimengerti oleh masyarakat," Jelas Nofrijal.

Informasi-informasi tentang program KKBPK, sambungnya, didapat melalui kesenian tradisional akan ditindak lanjuti oleh masyarakat dengan menanyakan langsung kepada petugas di lapangan.

Eri/OLP
×
Berita Terbaru Update