DPRD Dukung Pulau Tangah Jadi Objek Wisata Baru Kota Pariaman





DPRD Kota Pariaman menyambut baik rencana pengembangan Pulau Tangah sebagai objek wisata mendampingi Pulau Angsoduo yang telah dulu booming.

"Ya, dalam hal ini kita sangat mendukung sekali karena akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman nantinya," kata Mardison di Pariaman, Senin (2/5).

Kata dia, DPRD selaku mitra eksekutif akan selalu mendukung setiap kebijakan pemerintah asalkan punya dampak positif bagi masyarakat terutama dalam sektor ekonomi.

"Sejauh ini baru diwacanakan. Tentu sebelum penganggaran kami ingin melihat dulu masterplannya, amdalnya dan prospeknya bagi PAD, dan yang paling terutama sekali bagi ekonomi masyarakat," ungkap dia.

Sebelumnya, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mencetuskan ide pengembangan objek wisata bahari di Pulau Tangah. Pulau seluas 5 hektar yang memiliki telaga tersebut akan dikelola dengan penambahan kebun binatang mini untuk menarik minat wisatawan.

"Pulau tangah memiliki potensi untuk dikembangkan. Di sana ada telaga, hutannya masih alami dapat dijadikan kebun binatang mini dan tempat bermain anak seperti seluncuran," ungkap Mukhlis.

Sambungnya, pengembangan wisata tidak dapat dibangun secara keseluruhan namun harus diselesaikan satu persatu. 


"Apabila satu kawasan sudah selesai dibangun baru pindah pengembanganya ke kawasan lain sehingga dapat langsung dirasakan masyarakat," tutur Mukhlis.

Senada dengan walikota, Kepala DKP Kota Pariaman, Dasril, membenarkan akan dikembangkannya Pulau Tangah karena Pulau Angso sebenarnya hanya boleh dikunjungi 100 pengunjung per-hari.

"Karena banyak pengunjung yang datang ke Pulau Angso, perlu dikembangkan Pulau Tangah dengan konsep yang berbeda," kata dia.

Menurutnya, rencana tersebut dimulai tahun 2016 ini dengan membuat perencanaan dan desain terlebih dahulu.

OLP