DPRD Ucapkan Selamat Atas Pengukuhan LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Pariaman





Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman periode 2016-2021, Rabu kemaren oleh LKAAM Sumbar di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman.

Pelantikan berlangsung dengan khidmat dan meriah. Selain dihadiri oleh segenap unsur masyarakat Kota Pariaman, juga dihadiri sejumlah Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Pariaman.

Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin yang menghadiri langsung pelantikan itu menyampaikan ucapan selamat kepada segenap pengurus LKAAM Kota Pariaman dan Bundo Kanduang periode 2016-2021. Dia menyebut amanah tersebut diberikan kepada orang yang paling tepat.


Dia berharap dengan pengurusan baru, LKAAM dan Bundo Kanduang mampu melestarikan nilai-nilai adat dan budaya minangkabau di tengah-tengah masyarakat Kota Pariaman.

“Atas nama DPRD Kota Pariaman, saya menyampaikan selamat kepada pengurus LKAAM dan Bundo Kanduang yang dilantik. Mudah-mudahan dengan dilantiknya pengurusan periode yang baru LKAAM Kota Pariaman, nilai-nilai adat dan budaya minangkabau bisa diterapakan ditengah-tengah masyarakat,” ujar Mardison, Kamis (28/4) di Pariaman.

Sementara itu, H. Mukhlis Rahman Dt. Rajo Basa, selaku Ketua LKAAM Kota Pariaman mengungkapkan bahwa sebagai ninik mamak/pemangku adat, tugas berat telah menanti sesuai dengan sumpah yang telah diikrarkan dalam pelantikan tersebut. Ia menegaskan kepada seluruh pengurus bahwa LKAAM harus bisa menegakkan adat di dalam kehidupannya sehari-hari.

 “Tatanan kehidupan masyarakat kita, terutama dalam bidang adat dan budaya, tengah menghadapi persoalan di mana semakin melunturnya nilai-nilai adat dan budaya minangkabau pada sebagian masyarakat kita. Oleh karena itu LKAAM harus meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya minangkabau tersebut,” ungkap Mukhlis.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan kepengurusan Bundo Kanduang Kota Pariaman periode 2016-2021, yang dikukuhkan oleh Bundo Kanduang Provinsi Sumbar.

Bundo Kanduang Kota Pariaman itu diketuai oleh Arrahmi Kepala SMK 2 Pariaman. Ini merupakan periode kedua bagi Arrahmi menjabat sebagai Ketua Bundo Kanduang Kota Pariaman. Sebagai Sekretaris LKAAM Prialdy dan Sekretaris Bundo Kanduang Zahirma.

Pimpinan dan Anggota DPRD yang hadir diantaranya, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman John Edwar dan Syafinal Akbar, Fitri Nora, Fauzi, Riza Saputra, Jonasri, Fadhly, dan Devaria.

TIM