Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaga Keamanan Desa, Mukhlis Aktifkan Dubalang

27 Januari 2016 | 27.1.16 WIB Last Updated 2016-01-27T14:39:46Z



Pemerintah Kota Pariaman akan membentuk tim pengamanan yang disebut 'Dubalang' di setiap desa dan kelurahan guna mencegah masuknya paham radikalisme dan aliran yang menyimpang dari kaidah Islam yang marak akhir-akhir ini.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman,
Selasa, (26/1) mengatakan nantinya setiap desa atau kelurahan akan memiliki dua orang personel dubalang untuk mengamankan daerahnya.

Selama ini, kata dia pemerintah sudah memiliki anggota Linmas namun hanya difungsikan saat proses pemilu saja.

"Tim pengamanan yang diberi nama dubalang atau semacam anggota hansip, namun tidak menggunakan seragam khusus hanya menggunakan seragam adat serba hitam," kata Mukhlis.

Selain itu, kata dia, para anggota dubalang juga harus dibekali ilmu beladiri dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menjaga desa yang diawasi. Selain memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat, ujar dia, pemerintah sekaligus ingin menghidupkan kembali bela diri silat di ranah Pariaman.

"Rencananya pemerintah mulai menjalankan dubalang pada Februari 2016, para dubalang juga diberi honor oleh pemerintah melalui dana desa. Batas usia maksimum dubalang 30 tahun," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kapolres Pariaman, AKBP Riko Junaldy, mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemko Pariaman dalam mencegah masuknya paham radikalisme dan berbagai aliran yang berkedok agama Islam.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kata dia, semua pihak harus saling bekerja sama.

"Selain memberdayakan para dubalang sebagai penjaga desa dan kelurahan, langkah wajib lapor bagi masyarakat yang tidak memiliki identitas resmi juga baik untuk diterapkan," tambahnya. 


TIM
×
Berita Terbaru Update