Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sonsong Pilkada, Pannwascam Patamuan Lantik dan Bimtek 48 Pengawas TPS

30 November 2015 | 30.11.15 WIB Last Updated 2015-11-29T17:31:26Z




Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Patamuan, Darwisman, Minggu (29/11/2015) melantik dan mengambil sumpah janji 48 orang Pengawas TPS  untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman se Kecamatan Patamuan.

Pelantikan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Patamuan tersebut juga dihadiri oleh Komisioner Panwaslu Kabupaten Padangpariaman Netti Nerawati, Camat Patamuan Zaldi Arnas, Ketua PPK diwakili Komisioner PPK Patamuan Ismael, PPS dan PPL se Kecamatan Patamuan.

Menurut Darwisman, 48 orang pengawas TPS yang dilantik tersebut masing-masing 28 orang di Nagari Tandikek, 12 orang di Nagari Sungai Durian dan 8 orang di Tandikek Utara.
“Usai pelantikan langsung kita laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait dengan tugas-tugas yang akan dilaksanakan di lapangan nantinya,” kata Darwisman.

Menurut dia, keberadaan Pengawas TPS pada Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah punya peranan penting untuk mengawasi jalannya proses pemungutan suara di TPS. Untuk itu sebut dia Pengawas TPS diharapkan dapat bekerja sungguh-sungguh dengan memahami peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga pemilu jujur dan adil akan dapat diwujudkan.

Sementara itu Komisioner Panwaslu Kabupaten Padangpariaman Netti Nerawati mengatakan, Pengawas TPS adalah ujung tombak dalam melakukan pengawasan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Kata dia, mulai dari pagi Pengawas TPS sudah harus berada di TPS untuk mengawasi jalannya pemungutan suara, sehingga dengan adanya Pengawas TPS tingkat kecurangan di TPS akan dapat diminimalisir sedemikian mungkin.

“Pengawas TPS harus menyaksikan pengambilan sumpah anggota KPPS, pembukaan kotak suara sebelum pemilihan, proses pemungutan suara, serta proses penghitungan suara," sebutnya.

Setelah mendapatkan salinan C-1, ungkapnya, Pengawas TPS kemudian ikut mengawal kotak suara hingga ke Kantor Camat.

"Mengingat begitu beratnya tugas Pengawas TPS diharapkan Pengawas TPS untuk betul-betul memahami tugas dengan sebaik-baiknya, dengan dibekali melalui Bimbingan Teknis yang dilakukan langsung Panwascam Patamuan bersama jajarannya,” sebut Netti menambahkan.

Sementara itu Camat Patamuan Zaldi Arnas berharap Pengawas TPS akan dapat bekerja profesional, sehingga pemilu jujur dan adil akan dapat diwujudkan. Pengawas TPS kata dia tak obahnya seperti wasit, sehingga rangkaian pemungutan suara dapat diawasi secara maksimal di TPS masing-masing.

“Kami yakin Pengawas TPS yang dilantik hari ini akan mampu bertugas dengan sebaik-baiknya. Untuk itu melalui Bimbingan Teknis yang dilakukan oleh Panwascam untuk dapat diikuti sebaik-baiknya, sehingga tugas yang dibebankan dapat terlaksana sebagaimana mestinya,” ungkap dia.


TIM
×
Berita Terbaru Update