Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungan Pertama ke Indonesia, ENO School Finlandia Tuju Pariaman

7 November 2015 | 7.11.15 WIB Last Updated 2015-11-07T13:15:41Z



Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menuturkan dengan berkunjung ke Kota Pariaman, para pelajar, guru dan orangtua murid dari dari Finlandia, secara tidak langsung menjadi duta wisata bagi Kota Pariaman.

"Dengan menceritakan tentang budaya, wisata, baik pantai dan pulau, serta wahana bawah lautnya Pariaman ke negaranya dan negara lain di Eropa, tentu menjadikan Kota Pariamanin dikenal secara internasional," kata Mukhlis pada acara silaturahmi dan temu ramah YARI (Yayasan Anak Republik Indonesia) International School dan rombongan dari ENO School Finlandia di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jum’at (6/11).

Selama di Kota Pariaman Mukhlis berharap agar rombongan itu merasa terkesan, oleh kuliner, pantai, pulau, kesenian dan kebudayaan yang semuanya dapat dinikmati dan disaksikan selama berada di Kota Pariaman.

Kata dia, semakin banyak wisatawan asing terkesan dengan Pariaman, menjadikan Pariaman kian dikenal luas dan secara tidak langsung akan menjadi bahan rekomendasi bagi teman-teman dan keluarganya yang lain agar mengunjungi Kota Pariaman yang eksotik.

Ketua YARI International School mengatakan, berdirinya YARI di tahun 2002 dengan dibukanya sekolah playground dan TK.

Seiring dengan berjalannya waktu, kata dia, sekolah itu berkembang hingga saat ini sampai ke jenjang SMA, dan telah menjalin partnership dengan Jerman dan Finlandia yang telah dimulai sejak tahun 2011.

"Saat ini kami membawa rombongan dari ENO School Finlandia untuk pertama kalinya ke Indonesia dan kami perkenalkan dengan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan. Diharapkan dapat membawa manfaat bagi tingkat kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Tabuik ini," jelasnya.

Dia menuturkan saat ini Finlandia adalah sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Kalau di Finlandia, sebutnya kelulusan itu bukan berdasarkan ujian tetapi prosesnya, sehingga terbentuk karakter siswa yang mandiri dan berdaya saing.

Rombongan tersebut terdiri dari 8 orang siswa, 2 orang guru dan 2 orangtua murid.
"Sedangkan dari YARI International School ada 10 pelajar dan saya sendiri selaku ketua yayasan. Jadi selain belajar kami juga mengajak siswa berwisata dan mengenal negara lain, dan saat ini kami mengenalkan Kota Pariaman," tutupnya.

Guru dari ENO School Finlandia Urpo Ahlholm mengatakan sangat berkesan dengan kuliner dan kesenian yang mereka lihat di acara.

"Perjalanan ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi kami, mulai dari melihat pemandangan pantai dan pulau yang indah, sampai kegiatan melepas penyu ke laut lepas akan menjadi moment yang tak terlupakan. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Pariaman yang dengan baik menerima kami," ujarnya.

Silaturahmi dan Temu Ramah YARI International School dan rombongan dari ENO School Finlandia, dimulai dengan jamuan makan malam, dilanjutkan atraksi seni Sanggar Mustika Minang Duo yang menampilkan tari pasambahan dan tari indang.

Acara dihadiri juga oleh Anggota DPRD Sumatera Barat Zalman Zaunit, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Dafreni Muklis, Anggota DPRD kota Pariaman Fitrinora, Ketua Dharmawanita Ny. Afni Armen, Kepala SKPD, Komisioner KPU dan tamu undangan lainya. 


J/OLP
×
Berita Terbaru Update