Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Ali Mukhni Lepas 153 Calon Jemaah Haji Padangpariaman

27 Agustus 2015 | 27.8.15 WIB Last Updated 2015-08-27T13:29:18Z


Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni meminta jemaah haji perbanyak kosumsi air putih dan buah. Hal tersebut dilakukan, kata bupati, untuk menjaga kebugaran dan ion tubuh karena Kota Mekkah saat ini memasuki musim panas ekstrim.

Disebutkan bupati, selain kosumsi buah dan air putih yang cukup, jemaah juga diminta mengkonsumsi suplemen atau obat herbal untuk menopang kebugaran tubuh para jemaah saat melaksanaan ibadah haji nanti.

“Berdasarkan pengamatan saya saat pelaksanaan ibadah haji 2007 silam, makanan yang kita konsumsi mempengaruhi kebugaran tubuh, kemudian dengan banyak mengkonsumsi air putih dan buah akan menjaga tubuh tetap fit dan segar. Jika ada ditambah obat herbal,” papar Ali Mukhni saat pembekalan dan pelepasan calon jemaah haji (CJH) asal Padangpariaman di Mesjid Jihad, Pauhkambar, (26/8)

Ia berharap, suhu panas ekstrim yang terjadi di Mekkah hendaknya tidak mengganggu kekhusu’an jemaah dalam rangka melaksanakan rangkaian ibadah haji dan ibadah wajib lainnya.

“Cuaca ekstrim jangan sampai ganggu kekhusu’an jemaah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Ibadah wajib dikerjakan, ibadah sunnah terus ditingkatkan, fokuskan dan habiskan waktu disana dengan ibadah, jangan untuk lain-lain,” pesannya singkat.

Sementara itu salah seorang calon jemaah haji asal Padang Olo, Sungai Geringging, Zainal Abidin Datuak Rajo Alam, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Impian melengkapi rukun Islam yang ke enam sebentar lagi akan dia tunaikan.

Terdapat 153 orang jemaah haji asal Kabupaten Padangpariaman yang masuk dalam kloter (kelompok terbang) 6 Sumatera Barat. Jemaah haji rencananya akan berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Kota Madinah pada Sabtu (29/8) mendatang setelah menginap semalam di embarkasi haji Tabing, Kota Padang.

Disamping itu, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakamenag) Padangpariaman, Masri Can mengatakan cuaca ekstrim yang terjadi tidak akan mempengaruhi kekhusukan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji.

Pelaksanaan rukun Islam yang terakhir ini, diyakini mampu mengalahkan cobaan suhu panas nantinya. Selain itu dirinya memastikan kondisi jemaah sehat dan siap diberangkatkan dan mengkuti rangkaian ibadah haji.

“Saya yakin, jemaah kita mampu lewati kendala suhu panas ini, tujuan kesana untuk ibadah, Insya Allah semuannya (jemaah), mampu jadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Terkait dengan kesiapan keberangkatan jemaah haji, Masri Can memastikan kelengkapan visa jemaah asal Padangpariaman lengkap dan tidak ada jemaah yang gagal berangkat karena terkendala administrasi.

“Persoalan administrasi aman, visa dan kelengkapan lain sudah lengkap, tinggal keberangkatan dan kesiapan jemaah melaksanakan rangkaian ibadah haji disana,” ulasnya.


HS/OLP
×
Berita Terbaru Update