Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laksanakan Sholat Id, Ribuan Warga Padati Halaman Balaikota Pariaman

18 Juli 2015 | 18.7.15 WIB Last Updated 2015-07-18T14:32:45Z



PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) oleh Kemenag Kota Pariaman adakan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1436 H/2015 M di Halaman Balaikota Pariaman. Sholat akbar tersebut berlangsung khidmat, tertib dan lancar, pada Jumat (17/7).

Dari panatauan wartawan, ribuan jamaah beramai-ramai mengunjungi Halaman Balaikota termasuk Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta keluarga, Wakil Walikota Genius Umar beserta keluarga, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, para Anggota DPRD, para Pimpinan SKPD beserta para staf dan warga masyarakat Kota Pariaman yang ingin melakukan shalat Idul Fitri.

Pelaksanaan Shalat I'd dimulai oleh takbiran bersama diikuti seluruh jamaah mengumandangkan kalimat takbir kepada Allah SWT atas hari kemenangan atas ibadah puasa yang telah dilaksanakan selama satu bulan penuh. Penceramah Ustadz Jauhar Muis dan Imam sholat oleh Ustadz Dahlan.

Mukhlis Rahman atas nama Pemko Pariaman dan atas nama keluarga besar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H/ 2015 M, Mohon Maaf lahir dan Bathin pada segenap masyarakat Pariaman. Dia berharap dengan momen idul fitri dapat dijadikan langkah awal dalam saling memaafkan antara umat muslim serta mengahapus perbuatan keji yang dapat merusak nilai ibadah yang telah dilaksanakan.

Disisi lain, tausiah yang diberikan Ustadz Jauhar Muis juga menjelaskan bahwa pentingnya jalinan silaturrahmi antara Pemerintah dengan Pemerintah dan antara Pemerintah dengan masyarakatnya sebagai upaya kerjasama dalam peningkatan moral Islam di negara kita.

Jauhar juga menjelaskan bahwa zakat fitrah diartikan sebagai zakat yang wajib dilaksanakan bagi setiap umat beragama Islam (muslim) terlepas dari ukuran kekayaannya, jenis kelaminnya, umurnya serta dari status atau posisinya dalam masyarakat.

"Setiap umat muslim wajib untuk mengeluarkan sebagian dari makanan pokok menurut syari’at setelah mengerjakan puasa bulan Ramadhan setiap tahun,“ ujar dia.

Selesai pelaksanaan shalat, para jamaah berlomba-lomba untuk saling meminta dan memberi maaf dengan bersalam-salaman di Halaman Balaikota Pariaman.


Phaik
×
Berita Terbaru Update