Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BLH Kota Pariaman: Selama Lebaran Volume Sampah Naik 150persen, 354 "Pasukan Kuning" Kerja Lembur

26 Juli 2015 | 26.7.15 WIB Last Updated 2015-07-26T04:54:13Z



Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pariaman  menurunkan 354 "pasukan kuning" untuk membersihkan sampah-sampah selama libur Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 di Kota Pariaman.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Definal, mengatakan selama libur lebaran BLH menurunkan petugas kebersihan yang ditempatkan di jalan-jalan, objek wisata pantai maupun pulau, Kamis (23/7).

“Petugas sudah kami siagakan sejak H-7 lebaran dan akan bertugas sampai H+10 setelah lebaran. Menurut pengakuan petugas yang bekeja di lapangan menyebutkan, volume sampah meningkat 150% persen selama Lebaran yang biasa 4 truk masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sekarang bisa sampai 10 truk," ujarnya.

Peningkatan sampah itu, kata dia, mulai dari sampah rumah tangga, sampah pasar dan sampah-sampah yang ada di objek-objek wisata yang ada di Kota pariaman.

"Petugas penyapu jalan mendapat tugas ekstra menyapu dan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pinggir Pantai Gandoriah. Mereka kami lemburkan yang biasanya hanya pagi dan sore, sekarang di tambah malam hari, yakni mulai dari pukul 19.00 WIB sampai tengah malam," tambahnya.

Dia menuturkan sebanyak 10 petugas membersihkan Pulau Angsoduo yang banyak di datangi wisatawan. Untuk Pantai Gandoriah, Pantai Cermin ada 24 petugas yang bekerja lembur untuk  membersihkan wilayah tersebut dan wilayah-wilayah lainnya di sekitar lokasi keramaian.


"Kami menghimbau kepada seluruh pedagang untuk dapat mengumpulkan sampah jualannya dan memasukan sampah pada karung dan sore hari simpan di tepi jalan untuk memudahkan petugas kebersihan untuk membawa ke TPA. Jangan membuang sampah ke muaro maupun laut. Dan untuk wisatawan kami menghimbau untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, agar objek wisata kita tetap indah dilihat dan nyaman," tutupnya.


Dalam kesempatan berbeda Kasubid PP BLH Kota Pariaman Arsyad Lubis di lapangan mengatakan untuk kebersihan di Pulau Angsoduo hari Kamis kemaren petugas telah mengangkut 52 karung sampah yang bertebaran di sana dibawa ke darat, berkordinasi dengan BPBD Kota Pariaman. Beliau juga mengatakan untuk kebersihan selama pesta pantai memang mengalami peningkatan volume sampah yang akan diangkut ke TPA. 


Juned/OLP
×
Berita Terbaru Update