Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berdiri Sejak 1960, Alumni Ponpes Nurul Yaqin Ringan-Ringan Reuni Akbar

27 Juli 2015 | 27.7.15 WIB Last Updated 2015-07-27T08:03:43Z

Sekretaris Daerah Kab. Padang Pariaman Jonpriadi,SE.MM, bersama Ketua Yayasan Pembangunan Islam El Imraniyah (PYII) Ringan-Ringan, Drs Idarussalam Tuanku Sutan, dan para alumni



Para alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung, Padangpariaman yang tersebar di berbagai wilayah  di Indonesia  diharapkan dapat mengamalkan ilmu  yang telah diperolehnya di pesantren dengan sebaik-baiknya.

"Sejak tahun 1960 telah berdiri pesantren ini, telah banyak mencetak para tuangku  yang tersebar di berbagai wilayah. Di setiap wilayah tersebut para tuangku harus mengajar dan mempunyai jamaahnya masing-masing, sehingga demikian pesantren ini akan terus maju dan berkembang pesat sampai akir zaman nanti," ucap pendiri Ponpes Nurul Yaqin Ringan-Ringan, Syekh Muda H. Ali Imran Hasan, Senin (21/7) di hadapan para alumni yang hadir dari berbagai daerah  pada acara Silaturrahim Akbar dan Halaqah Nasional Ulama Keluarga Besar Ponpes Nurul Yaqin.

Disebutkannya para alumni harus tetap membaca kitab dan buku yang menjadi rujukan dan pedoman pesantren. Ilmu yang didapat dikembangkan terus kepada orang-orang sekitar. Apa yang diperintahkan kerjakan, dan apa yang dilarang tinggalkan.

"Jika semua itu telah dilakukan Insya Allah kita selamat dunia dan akhirat. Dalam hidup ini kita harus banyak berdo'a kepada Allah Swt, sebab orang yang tidak mau berdo'a  adalah orang yang sombong. Jadilah orang yang penyayang jangan jadi orang pemarah," harap Buya, karib ia disapa, pada acara yang bertemakan Kembali ke Khittah Nurul Yaqin 1960, Syiarkan Islam Rahmatan Lil'alamin dan Cegah Paham Radikalisme.

Sementara itu Ketua Yayasan Pembangunan Islam El Imraniyah (PYII) Ringan-Ringan, Drs Idarussalam Tuanku Sutan menyambut baik diselenggarakannya acara tersebut. Apalagi menurutnya dilaksanakan pada momen lebaran Idul Fitri pada saat  para alumni  yang tersebar di berbagai penjuru pulang kampung.

"Alhamdulillah ramai para alumni yang hadir pada acara ini, meskipun ini baru pertama kalinya diselenggarakan. Acara ini momennya sangat  tepat sekali pada saat lebaran,  tujuannya memperkuat kembali hubungan antara alumni dengan pimpinan dan keluarga besar Ponpes Nurul Yaqin yang tersebar di berbagai daerah," tutur Idarussalam yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Padang Pariaman. 

Dia sebutkan, ponpes ini sejak berdirinya pada tahun 1960, hingga sekarang sudah mencetak ribuan alumni dan ratusan tuanku. Para alumni tersebar di berbagai daerah.
"Kepada para alumni diharapkan pegang dan amalkan terus pelajaran yang telah didapat di pesantren ini dan mari bersama-sama kita majukan pesantren yang kita cintai ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati  Padangpariaman yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Jonpriadi mengatakan peran ulama di tengah-tengah masyarakat sangat besar sekali untuk membimbing ummat. Apalagi saat ini banyak pengaruh atau paham-paham yang masuk ke daerah kita.

"Pemkab Padangpariaman sangat mendukung program atau acara yang dilaksanakan seperti sekarang ini, mari kita jadikan Islam sebagai "Rahmatan Lil Alamin" untuk menangkis segala bentuk dan paham yang tidak baik bagi kita bersama. Pada kesempatan baik ini Pemkab Padangpariaman membantu sebanyak Rp10 juta," kata Sekda.

Hal senada juga dikatakan Ketua Pelaksana Silaturrahim Akbar, Rahmat Tuanku Sulaiman dan Ketua Alumni Pesantren Nurul Yaqin, Akmaluddin Tuanku Labai Mudo, bahwa acara seperti ini sangat bagus sekali buat kemajuan dan perkembangan pesantren ke depan.

"Oleh karena ini acara perdana, mungkin masih ada kekurangan di sana-sini. Ke depan acara ini dikemas  dengan sebaik mungkin," kata Rahmat. 


Muslim
×
Berita Terbaru Update