Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panen Kritikan APBD 2014, Inilah Jawaban Lengkap Mukhlis

17 Juni 2015 | 17.6.15 WIB Last Updated 2015-06-17T13:35:57Z



Walikota Pariaman menjawab pandangan umum fraksi DPRD Kota Pariaman terhadap Ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2014, di Gedung DPRD, Manggung, Rabu (17/6).

Sidang paripurna yang di gelar di Aula Utama DPRD Kota Pariaman tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Mardison Mahyuddin didampingi wakil beserta anggota DPRD. Turut hadir Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, Sekdako, Armen, Asisten 2, Kepala Dinas, Kabag, dan Camat se Kota Pariaman.

Dalam pandangan umum fraksi-fraksi yang disampaikan oleh John Edwar dari Fraksi Gerindra, Ali Bakri dari Fraksi Golkar, M Taufik dari Fraksi Nasdem, Arizal dari Fraksi Bulan Bintang Amanat, dan Riza Saputra dari Fraksi Nurani Pembangunan, Walikota Pariaman Mukhlis menjawab dan mengatakan sehubungan dengan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Kota Pariaman selalu serius dalam pengawasan pekerjaan pembangunan fisik, sebab harus sesuai dengan dokumen perencanaan dan kontrak dari pekerjaan tersebut.

Sehubungan dengan perlu diadakan survey atau kajian terhadap potensi sumber PAD Pemerintah Kota dalam menetapkan potensi PAD selalu dihitung sesuai dengan faktor ekonomi masyarakat dengan kajian dan rumusan potensi objek pajak daerah dan retribusi daerah dikurang dengan tingkat kesadaran masyarakat, maka diperoleh target yang di tetapkan.

Sedangkan untuk penetapan target PAD tahun 2014, kata Mukhlis tidaklah terlalu rendah. Karena disusun berdasarkan peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah dengan memperhitungkan tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pariaman.

"Kedepannya kita akan terus meningkatkan dan menggali potensi PAD Kota Pariaman," kata dia.

Terkait opini dari BPK RI atas laporan keuangan tahun 2014 yaitu wajar dengan pengecualian, katanya Pemko akan terus melakukan inventarisasi aset tetap secara meyeluruh ke semua SKPD dan unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

"Diharapkan kita dapat mengetahui kondisi kekinian terhadap aset tetap tersebut baik kondisi, jumlah, dan lokasi serta penguasaannya," ujarnya.

Selain inventarisasi, lanjutnya, juga melakukan pemuktahiran aplikasi pendukung yaitu SIMDA Barang Milik Daerah (BMD).

"Sehingga dengan di-up-grade nya aplikasi pendukung ini kita akan dapat menghasilkan laporan-laporan yang diperlukan terkait barang milik daerah dengan akurasi tinggi," ucapnya.

Terkait dengan silpa, jelas Mukhlis, Pemko akan berusaha meminimalisir kondisi-kondisi tersebut, demikian juga sehubungan dengan saran evaluasi atas penempatan tenaga aparatur. Kedepanya malalui SKPD terkait, lanjut dia, akan lebih diperhatikan sehingga penempatan pegawai selalu mengacu kepada latar belakang pendidikan dan keahlian.

Diakhir sambutan Walikota Pariaman tak lupa mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1436H atau tahun 2015.

"Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah pada Ramadhan tahun ini sehingga dapat memperoleh pahala yang setimpal hendaknya, dan semakin dekat dengan predikat taqwa," pungkasnya. 


RZA/OLP
×
Berita Terbaru Update