Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wow! Festival Pesisir Pariaman 2015 Pecahkan Rekor MURI

25 Mei 2015 | 25.5.15 WIB Last Updated 2015-05-25T05:55:29Z



Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Budpar (Budaya Pariwisata) dan Bagian Humas Setdako menggelar konprensi pers ekspose Festival Pesisir Pariaman 2015 yang akan diselenggarakan dari tanggal 27 s/d 31 Mei 2015 di Pantai Gandoriah Pariaman, bertempat di loket pendaftaran peserta Festival Pesisir di Pantai Gandoriah, Senin (25/5).

Pada kesempatan itu, bersama puluhan awak media, Kepala Dinas Budpar melalui Kabid Pemasaran dan Kerjasama, Zahirma, didampingi Kasi Pemasaran, Nesa Prima Dewi Chintya dan Staf Bagian Humas, Asrief Damrah menuturkan bahwa tujuan Festival Pesisir diadakan adalah dalam rangka menggali potensi daerah Pariaman yang dominan masyarakat pesisir pantai.

"Termasuk keragaman kuliner, budaya dan kesenian agar Pariaman lebih dikenal luas lagi, baik dalam negeri maupun hingga ke mancanegara," kata Zahirma.

Menurut dia, Festival Pesisir 2015 akan dibuka secara resmi pada hari Rabu (27/5) oleh Ketua PKDP Sumbar, Muslim Kasim, yang juga Wakil Gubenur Sumatera Barat.

Sebagaimana dituturkan Zahirma, Festival Pesisir Pariaman 2015 akan menggelar beberapa acara dan lomba terkait budaya masyarakat pesisir, diantaranya, lomba foto underwater yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 24 Mei lalu. Hasil lomba foto underwater tersebut, kata dia akan ikut dipamerkan selama lima hari acara.

Kemudian, masih menurut Zahirma, pada hari pertama pembukaan (Rabu) akan dilombakan lomba masak sate, sekaligus pembukaan bazzar dan pameran yang diiringi pagelaran seni.

Tak kalah menarik, di hari kedua, lanjutnya, akan digelar lomba maelo pukek oleh para nelayan, dihari ketiga lomba masak kuliner serba ikan dengan peserta istri para nelayan, PKK tingkat desa dan kelurahan juga kalangan umum.

Sedangkan acara puncak Sabtu dan Minggu, terang Zahirma, diadakan lomba layang-layang, selaju sampan, lomba lagu minang dan lomba cipta lagu tema Pariwisata Pariaman.

"Pada hari Minggu kita akan mencatatkan rekor MURI dalam lomba masak sala bulek terbanyak yang diikuti oleh 300 peserta lebih. Masing-masing peserta nantinya akan memasak sala bulek minimal 300 butir yang artinya lebih 90.000 sala bulek yang dimasak pada hari itu. Sala yang dimasak akan dibagi-bagikan kepada para penonton yang hadir," pungkas Zahirma.

Sementara itu, Kasi Pemasaran Disbudpar, Nesa, megatakan bahwa Festival Pesisir Pariaman 2015 akan ditutup pada hari Minggu pukul 14.00 WIB.

"Selama acara panitia menyiapkan 20 tenda VIP yang dilengkapi AC, 10 tenda konvensional untuk bazzar dan pameran. Alokasi dana secara keseluruhan Rp800 juta ditanggung APBD 2015. Total hadiah yang dikeluarkan panitia senial Rp225 juta," tandasnya.


OLP
×
Berita Terbaru Update