Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lipsus Festival Pesisir Pariaman 2015: Dari Lomba Sate, Sala Lauak hingga Lomba Baruak Mamanjek Karambiah

27 Mei 2015 | 27.5.15 WIB Last Updated 2015-05-27T15:12:50Z




Festival Pesisir Pariaman 2015 telah dibuka secara resmi oleh Ketua PKDP Sumbar, Muslim Kasim yang tiada lain Wakil Gubernur Sumbar, di Pantai Gandoriah, Rabu (27/5). Ribuan pengunjung terlihat mengerumuni stand pameran di sebuah tenda raksasa berpendingin AC yang mampu memuat 20 galeri. 20 stand pameran tersebut terdiri atas galeri peraga Bank BNI, BRI, BSM, Dinas Budpar Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman, stand Sekretariat Kota Pariaman, stand DKP, serta stand BUMD dan kalangan umum lainnya. Selain itu juga digelar bazzar diluar lokasi tenda oleh berbagai usaha kreatif dan home industri dari berbagai daerah di Sumatera Barat.



Acara pembukaan yang dimulai dengan lomba kuliner sate oleh 20 peserta dan dihibur oleh penyanyi Sultan dan tari-tarian dari Sanggar Mustika Minang Duo SMK 4 Pariaman tersebut dihadiri lengkap oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Genius Umar, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Kepala Bank BRI region Sumbar, Riau, Jambi, Gaib Prawata, Anggota DPRD Sumbar Endarmy dan Zalman Zaunit, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Sekdako Armen, Kajari Pariaman, Yulitaria, Kapolres Pariaman, AKBP Riko Junaldy, Dandim 0308 Letkol Persada Alam, para pimpinan BUMD, para Kepala SKPD dan Badan, serta ribuan masyarakat beranimo luarbiasa.






Menurut Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadis Budpar) Kota Pariaman, Efendi Jamal, Festival Pesisir Pariaman 2015 akan menggelar beberapa acara dan lomba terkait budaya masyarakat pesisir, diantaranya, lomba foto underwater yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 24 Mei lalu. Hasil lomba foto underwater tersebut, kata dia ikut dipamerkan selama lima hari acara dari tanggal 27 s/d 31 Mei 2015. Acara dibuka dari pagi hingga pukul 24.00 WIB.

Tak kalah menarik, di hari kedua, lanjutnya, akan digelar lomba maelo pukek oleh para nelayan, dihari ketiga lomba masak kuliner serba ikan dengan peserta istri para nelayan, PKK tingkat desa dan kelurahan, juga kalangan umum.

Sedangkan acara puncak Sabtu dan Minggu, kata dia, diadakan lomba layang-layang, selaju sampan, lomba lagu minang dan lomba cipta lagu tema Pariwisata Pariaman.

"Kemudian acara spesial kerjasama Pemko Pariaman dengan Kodim 0308 Pariaman adalah lomba baruak mamanjek karambiah. Karena karambiah di Pantai Gandoriah tidak ada yang menjulang tinggi maka kita modifikasi dengan batang pinang," kata Efendi Jamal semangat.

Pada hari Minggu, sebagaimana dituturkannya, Sala Lauak Pariaman akan mencatatkan rekor MURI dalam lomba masak sala bulek terbanyak yang diikuti oleh 300 peserta lebih. Masing-masing peserta nantinya akan memasak sala bulek minimal 300 butir yang artinya lebih 90.000 sala bulek akan dimasak pada hari itu. Sala yang dimasak akan dibagi-bagikan kepada para penonton yang hadir, sebagaimana sate yang diperlombakan pada hari ini.

"Semua acara yang kita gelar selama lima hari kedepan adalah upaya mendukung Visit Minangkabau dan Visit Indonesia. Dan yang terpenting dan paling utama adalah untuk menggenjot dan mengoptimalkan budaya pesisir masyarakat Pariaman, baik seni, kuliner dan tradisi lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyebutkan  bahwa sektor pariwisata Kota Pariaman kian hari kian maju dan mampu mengangkat sektor-sektor lainnya seperti perdagangan, perhotelan dan transportasi.

Dia menuturkan, Kota Pariaman telah memiliki konsep masterplan wisata pantai dan bahari. Untuk itu dia mengajak masyarakat bekerjasama membangun dunia pariwisata Pariaman dengan partisipasi nyata yang positif.

"Dahulu orang ke pulau hanya sekali setahun yaitu pada hari raya saja, tapi sekarang sudah tiap hari," kata Mukhlis bangga.

Pada kesempatan itu Mukhlis juga mengutarakan niatnya untuk membangun Mesjid Agung terapung di Pantai Pariaman.

"Ini sekaligus untuk membentengi wisata Pariaman dari pengaruh negatif. Kita harapkan tahun depan bisa mulai dianggarkan tentunya dengan persetujuan DPRD Kota Pariaman," ungkapnya.

Disaat yang sama, Wagub Muslim Kasim memuji kekompakan Mukhlis Genius dalam memimpin Kota Pariaman. Pemimpin demikian perlu dicontoh oleh daerah lainnya demi kemajuan daerah.

"Pariaman semakin maju dipimpin oleh Walikota Mukhlis Rahman dan Genius Umar. Mereka kompak selalu," pujinya.

Pembukaan acara ditandai dengan menabuh gendang tassa bersama disaksikan oleh segenap hadirin yang hadir.

Yuk kunjungi Pantai Gandoriah Pariaman!!


OLP
×
Berita Terbaru Update