Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disdukcapil Padangpariaman Buka Layanan Khusus Sabtu KTP Elektronik

6 Maret 2015 | 6.3.15 WIB Last Updated 2015-03-06T02:25:02Z
Bupati Ali Mukhni didampingi Kadisdukcapil M. Fadhly tinjau fasilitas percetakan KTP ELektronik di Dinas Dukcapil, Pariaman, beberapa waktu lalu.



Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memberi apresiasi kepada Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang terus berinovasi dalam percepatan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Mulai dari pengurusan KTP elektronik, akte kelahiran, mutasi penduduk maupun kartu keluarga (KK) dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Hal itu disampaikan bupati usai rapat staf di pendopo rumah dinas bupati, Pariaman, Selasa (4/3).

"Kita memotivasi Disdukcapil terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Saat ini saya nilai pelayanan sudah baik, ke depan agar menjadi lebih baik lagi," kata Bupati Ali Mukhni yang meraih penghargaan nasional perekaman KTP Elektronik tercepat beberapa tahun yang lalu.

Bupati menuturkan, sejak dua tahun lalu telah dibentuk Unit Layanan Dukcapil di Sungai Limau agar masyarakat yang berada di wilayah utara seperti Sungai Limau, Sungai Geringging, Batang gasan, IV Koto Aur Malintang yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat.

"Saya banyak menerima sms dan respon positif dari masyarakat akan adanya unit layanan di Sungai Limau yang melayani masyarakat khususnya wilayah utara Padangpariaman," kata Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Sementara itu Kadisdukcapil M. Fadhly mengatakan bahwa kepemilikan KTP Elektronik bagi masyarakat Padangpariaman terus meningkat selama tahun 2015.

Disebutkan dia bahwa sebanyak 244.000 lebih masyarakat telah melakukan perekaman KTP Elektronik dan sebagian besar telah mendapatkan KTP tersebut. Saat ini, kata Fadly, Disdukcapil fokus untuk menyelesaikan KTP Elektronik bagi penduduk yang belum mendapatkan.

"Alhamdulillah, Dinas Dukcapil terus lakukan pencetakan KTP Elektronik bagi masyarakat yang belum memperoleh fisik KTP Elektronik," kata Mantan Kabag Humas itu.

Salah satu inovasi yang dilakukan Disdukcapil dalam peningkatan kepemilikan KTP Elektronik bagi masyarakat yaitu ia bersama jajaran membuka layanan pada hari Sabtu, khusus siswa/siswi yang wajib memperoleh KTP. Ia berasalan kebutuhan KTP El bagi pemula sangat penting, terutama siswa siswi SLTA untuk keperluan melanjutkan pendidikan.

Kepemilikan KTP-El bagi pemula, ungkapnya, juga dimaksudkan untuk kesiapan penduduk yang mempunyai hak pilih pada pilkada mendatang. Oleh karenanya, ia  membuka layanan khusus bagi siswa-siswi yang dijadwalkan bersama dengan Kepala Sekolah terkait, untuk melakukan perekaman dan atau pencetakan KTP Elektronik bagi siswa siswi yang berusia 17 tahun/wajib memiliki KTP.

“Sesuai arah Bapak Bupati, Layanan hari Sabtu khusus dibuka untuk pengurusan KTP-El bagi pemula. SMA Nan Sabaris telah kita lakukan pada Sabtu lalu, pada minggu depan direncanakan SLTA yang lain,” ujar Jebolan STPDN Angkatan VI itu.

"Kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman agar segera datang ke kantor Disdukcapil. Saya berharap para camat dan wali nagari juga pro aktif dalam mensosialisasikan pentingnya kelengkapan administrasi kependudukan," Kata Kadis yang juga Peringkat I Diklatpim Tk. II tahun 2012 di Bandung ini.

Dia menandaskan bahwa Disdukcapil Padangpariaman saat ini sedang membenahi pelayanan dan prosedurnya, termasuk pelayanan KTP-El di atas yang diupayakan selesai 1 hari.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update