Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis Katakan 3 Jenis Kanker ini Paling Banyak Diidap Warga Kota Pariaman

4 Februari 2015 | 4.2.15 WIB Last Updated 2015-02-04T14:52:20Z



Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Kota Pariaman mengelar seminar pencegahan kanker sekaligus memperingati hari kanker sedunia  yang jatuh pada hari Rabu (4/2/2015 ). Acara yang dilaksanakan di balairung rumah dinas Walikota Pariaman tersebut dikatakan sebagai bentuk kepedulian YKI Kota Pariaman untuk melakukan edukasi kepada masyarakat akan bahaya penyakit mematikan tersebut.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi Ketua T-PKK Reni Afdal MR dan Ketua YKI Kota Pariaman Lucy Genius, membuka secara resmi acara yang dihadiri oleh seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kota Pariaman.


Mukhlis mengatakan, bahaya penyakit kanker dan penyebabnya penting untuk diketahui bersama, karena penyakit tersebut menurutnya berkaitan dengan pola hidup dan pola makan.

"Pola makan yang mengandung zat pengawet dan kebiasan merokok juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker," sebutnya.

Ditambahkan Mukhlis, dari data dinas kesehatan, penyakit kanker yang diderita warga Kota Pariaman akhir-akhir ini kecenderungannya kian meningkat terutama kanker payudara, kanker getah bening dan kanker nasopharing.


"Dengan keberadaan YKI cabang Kota Pariaman diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat tentang bahaya kanker dan penyebabnya, serta upaya deteksi dini sebagai langkah pencegahan yang paling efektif," sebutnya lagi.


Disamping pencegahan kanker, kata dia, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai, diantaranya demam berdarah yang sekarang lagi marak di Indonesia.

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat. DBD dapat kita cegah dengan pola 3 m (menguras, menutup, dan mengubur ), serta melakukan upaya–upaya lainnya seperti memakai lotion anti nyamuk, memasang kawat kasa di ventilasi, dan memasang kelambu saat tidur," tuturnya.


Sementara itu, ketua YKI Cabang Kota Pariaman, dr. Lucyanel Arlim mengatakan bahwa kanker dapat dicegah.


"Kanker memang masalah kita, kenapa, karena jumlah pengidap kanker terus bertambah kian harinya. Dari data WHO, setiap tahunnya ada 6,25 juta penderita baru, sedangkan data Depkes RI menyebutkan penderita kanker sebanyak  6 % dari total jumlah penduduk Indonesia," ungkap Lucy yang juga istri Wakil Walikota Pariaman ini.


Untuk mencegahnya, kata dia, hindarilah mengkonsumsi minuman yang beralkohol, hindari bahan makanan yang dapat memicu kanker, mengikuti program vaksinasi, deteksi sejak dini dan berusaha untuk hidup sehat.


R/OLP
×
Berita Terbaru Update