Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Liputan Khusus: Selalu Siaga, BPBD Kota Pariaman Gelar Pasukan dan Peralatan Lengkap

7 Januari 2015 | 7.1.15 WIB Last Updated 2015-01-07T08:15:22Z



Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan Wakil Walikota Genius Umar, serta Sekdako Armen di iringi sejumlah Kepala SKPD, Badan, Bagian, meninjau kesiapan personil dan peralatan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan UPTB Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pariaman sedetil-detilnya, bahkan dengan mencoba beberapa unit peralatan dalam rangka kesiapan badan tersebut menghadapi berbagai ancaman bencana di Kota Pariaman. Gelar Personil dan peralatan tersebut bertempat di Terminal Jati Pariaman, Rabu (7/1).




Pada kesempatan itu, Mukhlis mengatakan ingin memastikan kesiapan personil dan peralatan pendukung agar BPBD selalu siaga dan benar-benar siap dalam menanggulangi dan tanggap jika sewaktu-waktu datang bencana alam dari Yang Maha Kuasa atau bencana yang disebabkan oleh Human Eror (kecelakaan).

Dari laporan tertulis Kepala BPBD Kota Pariaman Asrizal dikatakan bahwa BPBD memiliki 25 orang personil berstatus PNS, 17 orang personil PNS Damkar, kemudian ditambah relawan TRC sebanyak 38 personil, relawan Damkar 62 personil.

Sedangkan kekuatan personil pendukung lainnya adalah; 4 Desa Tangguh yang mana di masing-masing desa terdapat 25 orang personil relawan, 18 Desa Siaga yang masing-masing memiliki 20 orang personil, serta 6 Sekolah Siaga yang masing-masingnya memiliki 25 personil.

Kekuatan peralatan/logistik bantuan dari BNPB Pusat yang dimiliki BPBD Kota Pariaman dan unit jajarannya adalah; 3 unit speedboat polyethylene dilengkapi navigasi, 1 unit perahu aluminium, 2 unit perahu karet, 1 unit sentral sirine, 1 unit modullar office dan kelengkapannya, 8 unit sirine perngatan dini tsunami, 2 unit mobil pickup Panther, 1 unit minibus Panther, 6 unit motor trail, 1 unit mobil Damkar mini, 1020 paket makanan siap saji, 1122 paket lauk pauk, 1122 paket makanan tambah gizi dan 40 plang penunjuk arah evakuasi tsunami.

Disamping itu juga terdapat peralatan dan logistik yang dibeli dari anggaran APBD Kota Pariaman dari Tahun 2011 s/d 2014.

Peralatan dan logistik tersebut adalah; 1 unit mobil pickup L300, 1 unit mobil toilet, 3 unit motor trail, 4 unit sepeda motor bebek, 1 unit motor tracker, 3 unit truk Damkar kapasitas 6000, 5000 dan 3000 liter, sejumlah tenda serta logistik lainnya yang tersimpan di gudang BPBD.

OLP


×
Berita Terbaru Update