Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kreatif! Ini Dia Padangpariaman Malamang Award Tingkat SMU

25 Januari 2015 | 25.1.15 WIB Last Updated 2015-01-25T14:45:25Z
Bupati didampingi Hj. Rena Ali Mukhni dan Tokoh Masyarakat Lubuk Alung H. Duski Samad serahkan piala Bergilir Bupati kepada Kepala SMU 1 Lubuk Alung Dian Mulyati Syarfie pada lomba menbuat lamang di sekolah tersebut, Sabtu (24/1).



Ratusan siswa sekolah menengah antusias mengikuti lomba membuat lamang (malamang) dan membuat jamba antar SMU/SMK/MA negeri dan swasta se Kabupaten Padangpariaman. Lomba yang dipelopori oleh SMA 1 Lubuk Alung tersebut memperebutkan Piala Bergilir Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dalam rangka menyambut Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Lomba diadakan selama satu hari di Halaman SMU 1 Lubuk Alung, Sabtu (24/1).

"Saya dan teman-teman senang sekali ikuti lomba malamang dan membuat jamba yang pertama kali diadakan di Padangpariaman. Kami sudah mempersiapkan perlengkapan lomba jauh-jauh hari dan berharap hasil yang terbaik," kata Dian, siswi 2x11 Enam Lingkung.

Kepala SMU 1 Lubuk Alung Dian Mulyati Syarfie mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, ia menyampaikan ide untuk menyelenggarakan lomba membuat lamang kepada Bupati Ali Mukhni. Ide tersebut direspon positif dan Bupati berkenan untuk menyediakan hadiah kepada pemenang. Dijelaskannya bahwa peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bertemakan kebersamaan dan memupuk kesalehan sosial melalui budaya lokal dengan membuat lamang.

Dia beralasan bahwa sekolah juga merupakan tempat pengembangan budaya disamping memberikan ilmu pengetahuan di bidang akademik.

Kata dia, Budaya Padangpariaman mengutamakan kebersamaan gotong royong diantaranya termasuk pada kegiatan membuat lamang dan jamba.

"Sekolah juga merupakan tempat pengembangan budaya disamping memberikan ilmu pengetahuan di bidang akademik. Budaya Padangpariaman mengutamakan kebersamaan gotong royong diantaranya pada kegiatan membuat lamang. Alhamdulillah, kegiatan ini didukung penuh oleh Bapak Bupati," kata istri Kadis Pendidikan Sumbar ini.

Sementara itu, Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa tujuan utama penyelenggaraan lomba membuat lamang dan jamba adalah untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya minang khususnya piaman kepada generasi muda. Ia komit akan tetap menyelenggarakan event-event tradisi minang ini setiap tahunnya di lokasi yang berbeda-beda.

"Alhamdulillah, lomba membuat lamang dan jamba berlangsung sukses. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Ibuk Dian, Kepala SMU 1 Lubuk Alung yang memiliki ide dan gagasan penyelenggaraan event ini yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya minang khususnya piaman kepada generasi muda. Kita komit akan adakan event ini setiap tahunnya," kata Bupati yang juga seorang pendidik ini.

Lomba membuat lemang dimenangkan oleh SMU 1 Enam Lingkung sebagai peringkat pertama dan berhak menerima Piala Bergilir Bupati. Juara II SMA 1 Lubuk Alung dan Juara III diraih SMA 1 Batang Anai.

Acara lomba membuat lamang dan jamba itu dihadiri oleh Bupati Ali Mukhni, Asisten III Prop Sumbar Sudirman Gani, Kadis Pendidikan Propinsi Sumbar Syamsurizal, dan Camat Azminur.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update