Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rustian Abbas, Satpam Teladan Kota Pariaman 2014

30 Desember 2014 | 30.12.14 WIB Last Updated 2014-12-30T07:04:43Z

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman serahkan piagam kepada Satpam teladan 2014

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bertindak sebagai inspektur upacara dalam memperingati HUT (hari ulang tahun) Satuan pengamanan (Satpam) ke-34 yang digelar di lapangan upacara Polres Pariaman, Selasa (30/12).


Upacara tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Pariaman, Kepala Dinas Perhubungan, Kalapas IIB Pariaman, Kepala Bank Nagari Pariaman, dan seluruh Satpam yang berdinas di Kota Pariaman.


Mukhlis mengatakan, pada hari yang bersejarah ini dia mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 34 kepada seluruh personil satuan pengamanan di Kota Pariaman dan berharap semoga kedepanya Satpam semakin eksis menunjukkan jati dirinya sebagai unsur utama pengamanan swakarsa yang mampu berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban maysarakat Kota Pariaman.


Mukhlis menyebut, kiprah Satpam memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri untuk mwnjaga dan memelihara stabilitas kamtibmas.


“Secara historis, sebelum lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri , keluarga maupun harta benda, dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang di kenal dengan pengamanan swakarsa,” sebut Mukhlis.

Dalam implementaswinya di Indonesia, lanjutnya, pengamanan swakarsa dilaksanakan oleh masyarakat dalam bentuk ronda kampung yang kemudian diatur sebagai sistem keamanan lingkungan (siskamling). Setelah proklamasi kemerdekaan, imbuhnya, seluruh masyarakat berjuang mempertahankan kemerdekaan melalui wadah masing–masing, baik dalam kesatuan bersenjata, dapur umum, palang merah, maupun wadah lainya yang dikenal dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).


Mukhlis menuturkan, selama kurun waktu 34 tahun berkiprah, satuan pengamanan telah mampu menampilakan kinerja secara baik, khususnya dalam membantu Polri membina kamtibmas, menegakan aturan hukum yang berlaku, serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan pada tempatnya bertugas.

"Melalui kewenangan kepolisian yang terbatas, para personil Satpam telah berperan aktif dalam mengamankan pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindakan pidana ataupun gangguan kamtibmas lainnya, serta melaksanakan patrol guna menjamin terciptanya rasa aman di lingkungan kerjanya," tandasnya.


Di akhir acara, Mukhlis menyerahkan piagam pergargaan kepada Rustian Abbas Satpam RSUD Kota Pariaman sebagai satpam teladan Kota Pariaman 2014.


Reza/OLP
×
Berita Terbaru Update