Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Liputan Khusus Basapa: Ali Mukhni Bertekad Jadikan MASB Seperti Mesjid Agung Nabawi

11 Desember 2014 | 11.12.14 WIB Last Updated 2014-12-11T12:45:13Z



Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bersama Pembantu rektor 1 IAIN Imam Bonjol  Prof.  Syafruddin MA, Sekda Jonpriadi, Anggota DPRD, Kemenag Masrican, tokoh masyarakat, Kepala SKPD, Camat dan Walinagari se-Padangpariaman menghadiri acara Basapa bertempat di Mesjid Agung Syekh Burhanuddin (MASB), Rabu, (10/12)

Dikatakan Tokoh Masyarakat Ulakan Dt. Bandaro, MASB berdiri megah setelah penantian panjang selama hampir 15 tahun. Menurutnya, kegigihan Bupati Ali Mukhni yang tidak kenal lelah akhirnya, dimasa kepemimpinannya MASB dituntaskan. 





Empat (4) bulan terakhir sebelum acara Basapa, ujar Dt Bandaro, Bupati selalu memonitor pembangunan mesjid setiap hari karena beliau mengatakan setiap hari setiap minggunya MASB harus ada perubahan.

"Perkembangan Nagari Ulakan dan Nagari Tapakis luarbiasa sejak Kepemimpinan Bupati Ali Mukhni. Ada sekolah BP2IP, Wisata Pantai Tiram dan Wisata Religius. Kami merasa beruntung memiliki Bupati Ali Mukhni karena selalu melibatkan alim ulama dan ninik mamak dalam pembangunan," katanya.

Sebagaimana diketahui, Basapa merupakan ajang menjaga silaturahim dan mempererat persaudaraan sesama muslim. Di tempat tersebut setiap tahunnya berkumpul Jamaah Syatariah dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar Sumbar, bahkan, menurut data terverifikasi ada juga yang datang dari luar negeri seperti dari Malaysia, India dan Brunei Darusallam.

Sementara itu, tokoh perantau PKDP Prof. Armay Arief mengatakan, kondisi MASB dulu dan sekarang sangat jauh berbeda. Kata dia, sekarang MASB adalah salah satu Mesjid yang paling megah di Sumbar.

"Saya sudah merantau 33 tahun, saya tak menyangka MASB akan semegah ini. Saya sangat senang berada di dalam mesjid ini. Kami perantau akan mempromosikan kepada dunsanak yang tergabung dalam PKDP untuk mengunjungi mesjid kebanggaan urang minang ini," tuturnya.

Dia menambahkan, sangat bangga dengan kerja keras bupati membangun Padangpariaman. Sejak dipimpin Ali Mukhni, tuturnya, telah banyak perubahan dan terobosan pembangunan yang mengubah wajah Kabupaten Padangpariaman.

Ditempat yang sama, Prof. Syafruddin yang juga merupakan putra asli Sungai Geingging itu menyebutkan, Ulakan menjadi terkenal di Indonesia karena adanya ulama besar penyiar Islam Syekh Burhanuddin yang menjadikan Ulakan sebagai pusat pengembangan Agama Islam di Pantai Barat Sumatera.

"Tempat yang punya magnet sangat kuat di Sumbar adalah Ulakan. Karena ada seorang ulama yang mengembangkan Agama Islam pertama kali yaitu Syekh Burhanuddin. Beliau dimakamkan di sini," kata dia.

Dia menambahkan, Bupati Ali Mukhni merupakan pemimpin yang dikelilingi ulama-ulama dalam menjalankan roda pemerintahan. Artinya, ujar dia, jika umara dengan ulama telah hidup berdampingan maka masyarakat akan merasakan nikmatnya.

"Selaku putra daerah, melihat pesatnya pembangunan Padangpariaman khususnya menjadikan MASB menjadi yang termegah di Sumbar, kita berdoa agar Bupati bisa melanjutkan kepemimpinannya untuk periode yang kedua," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ali Mukhni menuturkan bahwa Pembangunan MASB sukses karena mendapat dukungan dari Ninik Mamak dan Alim Ulama serta DPRD PadangPariaman. 


"Insya allah fisik bangunan selesai 100% pada tahun 2015. MASB akan dilengkapi museum, perpustakaan, gobah berwarna emas, lampu hias dan taman air mancur serta lampu-lampu yang menerangi komplek mesjid," kata Ali Mukhni.

Bupati mengatakan bahwa dia banyak menerima telpon, sms dan komentar di media sosial akan indah dan megahnya MASB yang sekarang merupakan kebanggaan masyarakat Piaman ini.

"Syarak mangato, adaik mamakai bermula dari Ulakan. Disini dimakamkan seorang ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam pertama kali di Sumbar. Untuk itu saya bercita-cita menjadikan MASB menjadi mesjid yang termegah yang insya allah mendekati Mesjid Nabawi

Bupati juga menegaskan bahwa Mesjid Agung hanya ada satu di Padangpariaman yaitu MASB.

"Bila perlu akan kita buat Perda nya bersama DPRD," tandas alumnus Harvard University USA ini.


HA/OLP

×
Berita Terbaru Update