Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Irwan Prayitno: Selain Jago Lobi, Ali Mukhni Juga Bupati Yang Sangat Gigih Memajukan Daerahnya

27 Desember 2014 | 27.12.14 WIB Last Updated 2014-12-27T14:33:55Z



Raut bahagia terpancar dari wajah Railis (50) sesaat setelah menerima bantuan mesin pemotong ubi untuk usaha yang dirintisnya bersama suami sebagai pedagang keripik singkong. Railis tak menyangka mendapat bantuan mesin yang sangat ia butuhkan tersebut untuk operasional produksi usahanya itu.

Hal itu dia katakan usai menerima bantuan mesin tersebut di Halaman Mesjid Agung Syekh Burhanuddin, Ulakan, Selasa (23/12). Selain Bupati Ali Mukhni, acara penyerahan ini juga dihadiri oleh Gubernur Irwan Prayitno yang menyerahkan bantuan koperasi dan UMKM untuk masyarakat Padangpariaman.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali mendapat bantuan pemotong ubi untuk membuat keripik singkong. Terima kasih Pak Bupati, semoga bantuan ini akan meningkatkan jumlah produksi dan meningkatkan mutu usaha kami ini," kata Railis ceria.

Perasaan serupa juga diungkapan oleh Yanti (38), seorang pedagang jagung rebus di Lubuk Alung. Ia mendapat bantuan gerobak yang lebih bagus untuk berjualan. Diakuinya, saat ini banyak sekali yang berjualan jagung rebus disepanjang jalan Lubuk Alung sehingga mempengaruhi omset pemasukannya. Namun ia optimis dengan adanya Gerobak yang baru akan  menarik calon pembeli dan tentunya akan menambah pemasukan. Ia mengaku mendapat jual beli sebesar Rp 300 ribu perhari dan kalau hari libur bisa mencapai Rp 500 ribu.

"Saya senang sekali mendapat bantuan dari pak Bupati berupa gerobak untuk berjualan jagung rebus. Semoga nanti bisa menarik pembeli karena lebih bersih dan bagus dari yang sebelumnya. Mudah-mudahan bisa menambah pendapatan kami pula nantinya. Amin," kata Yanti.

Dikesempatan itu, Bupati Ali Mukhni mengatakan agar masyarakat penerima menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta pedagang untuk selalu menjaga kebersihan dan gerobaknyapun dibersihkan supaya tahan lama dan pembelipun akan banyak yang beli. Ia berharapa pedagang dapat menerima dengan ikhlas bantuan tersebut. Jika ikhlas, katanya, maka Allah akan melipatgandakan rezeki dan mendapat nikmat Allah yang berlimpah.

"Jagalah kebersihan dalam berjualan. Gerobak ini pun harus selalu dibersihkan supaya tahan lama dan pembeli akan tertarik. Dan jangan lupa bersyukur atas nikmat Allah SWT supaya dilipatgandakan rezeki kita," kata Bupati yang dijukuki Ustadz oleh Gubernur Irwan Prayitno ini.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, bantuan gerobak PKL jagung rebus sebanyak 28 unit, bantuan mesin penyangrai kacang, mesin olahan tempurung dan  coolbox ikan. Sedangkan dari Pemprov Sumbar yaitu bantuan  modal usaha untuk 171 PKL, masing-masing Rp 2 juta, bantuan KUR untuk dua koperasi sebesar 22 juta dan gerobak rakik kepiting sebanyak 25 unit.

Bupati Ali Mukhni juga apresiasi Gubernur Irwan Prayitno yang sangat memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Padangpariaman. Perhatian tersebut dibuktikan dengan banyaknya infrastruktur bertaraf internasional yang terletak di daerahnya berkat dukungan dan peran aktif Gubernur Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Irwan Prayitno mengatakan karena bantuan yang diterima berasal dari uang rakyat maka akan dilakukan pembinaan dan pengawasan dalam penggunaan bantuan tersebut. Dijelaskannya bahwa Pemprov selalu menganggarkan setiap tahunnya bantuan modal usaha bagi UKM karena merupakan kewajiban pemerintah untuk membantu UKM tersebut. Tujuannya agar pedagang semakin sejahtera dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Kita berharap dengan adanya bantuan ini maka masyarakat semakin sejahtera karena pemerintah berkewajiban membantu UKM tersebut. Kita bantu berupa modal usaha, bantuan mesin atau bantuan lainnya yang dibutuhkan setiap tahunnya," kata Gubernur yang baru saja meraih penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial itu.

Selain UKM, Pemerintah Provinsi juga telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Padangpariaman terutama dalam infrastruktur dan pembebasan tanah. Hal tersebut didorong dengan keberadaan Bandara Internasional Minangkabau yang menjadikan daerah Padangpariaman sangat strategis sebagai daerah pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan.

"Dana Pemprov banyak masuk ke Padangpariaman, terutama untuk mendukung pembangunan mega proyek bertaraf internasional. Keberadaan BIM menjadikan Padangpariaman sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. Apalagi Bupati Padangpariaman orangnya jago lobi dan sangat gigih dalam membangun daerah," kata Gubernur yang juga mantan Anggota DPR RI itu.


HA
×
Berita Terbaru Update