Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Festival Kesenian Berbagai Daerah Guncang Piaman Sebelum Tabuik Dihoyak

5 November 2014 | 5.11.14 WIB Last Updated 2014-11-05T02:52:16Z



Mulai tanggal 2 November kemarin masyarakat Piaman bisa menikmati berbagai macam pegelaran kesenian tradisonal di panggung Pesta Budaya Tabuik Piaman 2014 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Pariaman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Yusrizal, S.Pd, MM, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam pelaksanaan prosesi Pesta Budaya Tabuik Piaman 2014 yang sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 25 Oktober yang lalu.

“Prosesi yang telah dilaksanakan diantaranya Ritual Maambiak Tanah (mengambil tanah), membuat kerangka dasar tabuik, manabang batang pisang (menebang pohon pisang), maradai, ritual maatam, adalah beberapa proses yang telah dilaksanakan, dll," ujarnya.

“Untuk hiburan kesenian akan hadir selama 7 hari berturut-turut, yang dimulai sejak tanggal 2 November dan berakhir  8 November 2014 mendatang,” tambahnya.

Dituturkan dia, tim kesenian yang tampil tidak hanya berasal dari Kota Pariaman, tetapi juga akan dimeriahkan dengan penampilan tim kesenian dari daerah lain di Sumbar, seperti, Tim Kesenian Kabupaten Padang Pariaman, Tim Kesenian Taman Budaya Padang dan  Tim Kesenian Kabupaten Dharmasraya.

Selain menampilkan tim kesenian dari daerah-daerah di Sumbar, jelas dia, panggung kesenian juga akan diisi dengan penampilan kesenian dari propinsi tetangga, seperti dari Tim Kesenian Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu dan Riau.

Bona/OLP

×
Berita Terbaru Update