Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebelum Ikrar Sumpah Pemuda di Dasar Laut, Tim Ekspedisi Merah Putih Pariaman Latihan Menyelam di Pulau Kasiak

12 Oktober 2014 | 12.10.14 WIB Last Updated 2014-10-12T12:16:09Z




Tim Ekspedisi Merah Putih Pariaman (TEMPP) kembali akan mengadakan kegiatan spektakuler untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014. Setelah sebelumnya upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI di dasar bawah laut Pulau Angso Duo dan Pulau Kasiak, kali ini Tim Ekspedisi Merah Putih Pariaman akan melakukan pengucapan ikrar sumpah pemuda di dasar laut halaman pulau Bando (kosong) Pariaman, kemudian bersih-bersih pulau, penanaman terumbu karang, lalu memancangkan plang larangan merusak terumbu karang di Pulau Bando. Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 s/d 28 Oktober dan menginap di salah satu pulau di wilayah perairan Kota Pariaman.

Menurut Ketua TEMPP Hendri Chaniago, TEMPP terdiri dari berbagai komunitas dan organisasi kepemudaan di Kota Pariaman, diantaranya, Komunitas Tabuik Diving Club (TDC 'penyelam'), PSF (komunitas pencinta olahraga selancar ombak), KNPI Kota Pariaman, Komunitas Jurnalis bangun wisata, komunitas fotografer, dll. Kata Hendri, TEMPP didirikan pada tanggal 17 Agustus 2014 bertujuan berhimpunnya komunitas pemuda berjiwa nasionalis dan cinta daerah.

Untuk persiapan ekspedisi Sumpah Pemuda, kata Hendri, sebagian anggota TEMPP melakukan latihan dasar-dasar menyelam yang dilatih oleh Komunitas Tabuik Diving Club di halaman Pulau Kasiak, Minggu, 12/10.

"Anggota TEMPP dilatih familiar menggunakan alat selam sebelum hari H. Ini adalah latihan kedua, setelah sebelumnya TEMPP latihan dasar menyelam di kolam renang Hotel Nan Tongga beberapa waktu lalu. Persiapan harus kita matangkan dan dilatih oleh teman-teman dari TDC yang sudah mengantongi sertifikat menyelam," sebut Hendri.

Dia menambahkan, kedepannya TEMPP akan mendirikan sebuah koperasi, membuat AD/ART, serta agenda-agenda kegiatan ke depan.

"TEMPP adalah wadah bagi komunitas anak muda Pariaman yang mencintai daerahnya. TEMPP ingin terlibat aktif mempromosikan potensi wisata Kota Pariaman ke dunia internasional. Disamping itu TEMPP akan terus memupuk jiwa nasionalisme pemuda-pemuda Pariaman, agar mencintai tanah airnya, apalagi daerahnya," ujar Hendri menuturkan.

Sementara itu, Ketua TDC Citra Aditur Bahri mengatakan dia sangat bersemangat sekali dengan terbentuknya TEMPP sedari awal sebagai wadah berhimpunnya komunitas-komunitas pemuda di Pariaman. Kata Citra, dengan TEMPP sebagai wadah pemersatu, akan banyak kegiatan-kegiatan positif yang akan dilakukan kedepan mengingat TEMPP terdiri dari berbagai unsur pemuda yang ahli dibidangnya masing-masing.

OLP
×
Berita Terbaru Update