Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pastikan Area Wisata Bebas Sampah, Genius Sidak Malam ke Pulau Angso

3 September 2014 | 3.9.14 WIB Last Updated 2014-09-03T16:13:11Z



Terobosan baru dilakukan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, tak mengenal waktu baik itu pagi, siang, maupun malam tetap mencurahkan tenaga dan fikirannya untuk kemajuan Kota Pariaman.

Kemarin malam, Selasa 02/09, selepas menyaksikan pemandangan matahari tenggelam dari pantai Gandoriah, Genius menyempatkan diri berkunjung untuk memantau kondisi di Pulau Angso Duo yang kian hari ramai pengunjung. Rombongan juga membawa seorang konsultan tata ruang Pudji Handoko yang juga sahabat beliau semasa masih menjabat Sekretaris DPD-RI berangkat menuju pulau menaiki perahu sewaan khusus wisata yang sudah dilengkapi asuransi jiwa Jasa Raharja.

Sesampai  di pulau, Genius langsung mengecek situasi dan kondisi pulau kepada penjaga pulau. Genius menanyakan bagaimana pengelolaan sampah yang dibawa pengunjung atau wisatawan apakah sudah dikelola dengan baik.

“Jangan ada sampah di  pulau ini apalagi sampah plastik yang menumpuk, pengunjung harus rajin diingatkan agar membuang sampah pada tempatnya, kalau bisa mereka mambawa sendiri kantong sampah dan membawa lagi sampah mereka ke daratan dan tidak dibuang disini,” sebut Genius.

Selanjutnya sambil berjalan mengelilingi pulau, Genius memyampaikan potensi yang terdapat di pulau ini kepada Pudji Handoko (konsultan tata ruang). Dia memaparkan rencana pengembangan pulau agar tepat sasaran dan tidak menggangu ekosistem alam.

“Kita akan rencanakan pembuatan villa terapung di pulau ini, sekaligus melihat kondisi pulau apakah bisa ditumbuhi berbagai tanaman. Disini kita juga akan manfaatkan sebagai space taman yang akan mempercantik pulau ini," imbuhnya.

Selanjutnya pembicaraan dilanjutkan di pos penjagaan pulau, sambil menikmati kepiting rebus dan di temani secangkir kopi hitam, Pudji Handoko mengatakan, pengelolaan pulau memang gampang-gampang susah.

“Kita harus tetapkan konsep pengelolaannya terlebih dahulu, wilayah laut merupakan kawasan yang kaya akan sumber daya alam baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Namun dalam pengelolaannya perlu memperhatikan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan,” pungkas Pudji yang terkesima melihat gerombolan ikan lumba-lumba saat menuju pulau ini.

Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update