Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kabupaten Tanah Datar, Juara Umum Jambore Pengurangan Resiko Bencana Sumbar 2014

29 September 2014 | 29.9.14 WIB Last Updated 2014-09-29T15:06:35Z




Kabupaten Tanah Datar menjadi juara umum pada Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) pertama tingkat Propinsi Sumatera Barat yang berakhir hari ini, Senin (29/09) bertempat di Desa Cubadak Aia Kecamatan Pariaman Utara.

Adapun 4 jenis lomba utama yang digelar dalam Jambore PRB adalah lomba pertolongan pertama gawat darurat ( PPGD ), lomba cerdas cermat, lomba dapur umum dan lomba pemasangan dan bongkar tenda.

Untuk lomba PPGD, juara pertama diraih Kota Bukittingi, juara 2 diraih Kabupaten Tanah Datar, serta juara 3 diraih Kota Pariaman.

Salah seorang juri lomba Wawan Budianto kepada wartawan mengatakan, untuk lomba PPGD kriteria penilaiannya meliputi nilai kekompakan dam kerjasama tim, etika, durasi proses pelaksanaan, analisa kasus, pertolongan dan evaluasi.

Wawan menjelaskan, untuk lomba dapur umum yang juga diikuti oleh seluruh tim yang hadir, kriteria penilaiannya meliputi proses pada waktu memasaknya meliputi kerjasama, kebersihan, waktu dan manajemen bahan, pertanyaan seputar dapur umum, administrasi (manajemen pendistribusian bantuan), hasil akhir (cara penyajian, gizi dan cita rasa).

Berdasarkan penilaian tersebut untuk lomba dapur umum juara 1 diraih Kabupaten 50 Kota, juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Kabupaten Pasaman dan Kota Solok.

Sementara itu untuk lomba cerdas cermat, juara 1 diraih oleh Kabupaten Tanah Datar, juara 2 dimenangkan oleh Kabupaten Padangpariaman dan juara 3  diraih Kota Padang.

Untuk lomba pasang dan bongkar tenda, juara 1 diraih oleh Kabupaten Tanah Datar, juara 2 Kabupaten Pasaman dan juara 3 diraih oleh Kabupaten Padangpariaman.

Jambore Pengurangan Resiko Bencana tahun 2014 merupakan kerjasama BPBD Propinsi Sumatera barat dengan LSM/NGO serta BPBD Kabupaten/Kota yang didukung oleh praktisi dan pelaku pengurangan resiko bencana, diselenggarakan tanggal 26 s/d 29 September 2014 dipusatkan di Desa Cubadak Aia Kecamataan Pariaman Utara yang diikuti oleh relawan KSB dari 17 kabupaten/kota dengan kriteria mewakili relawan dari KSB, relawan siaga bencana berbasis masyarakat (sibat), serta anggota Tagana. 

Bona/OLP
×
Berita Terbaru Update