Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dapat Pelatihan Dari TDC, Komunitas Pemuda Sadar Wisata Siapkan Diri Jadi Tourist Guide Pariaman

20 September 2014 | 20.9.14 WIB Last Updated 2014-09-20T14:41:42Z



Komunitas Tabuik Diving Club (TDC) Piaman melakukan kegiatan pelatihan menyelam dasar menggunakan peralatan diving dan snorkeling pada 30 peserta dari berbagai komunitas, diantaranya komunitas surving Pariaman Surver Family, anggota rescue BPBD Kota Pariaman serta tim Ekspedisi Merah Putih Pariaman yang berencana akan mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober di dasar laut Pulau Bando Pariaman. Latihan dilaksanakan di kolam renang Hotel Nan Tongga Pariaman, Sabtu (20/9).

Menurut Ketua TDC Citra Aditur Bahri acara tersebut selain ajang silaturahmi antar komunitas juga menyiapkan generasi muda handal sebagai tenaga pemandu wisata bawah laut, karena menurutnya, Kota Pariaman tidak lama lagi akan menjadi daerah tujuan wisata, dimana wisata bawah laut jadi salah satu primadona.

"Selain ajang silahturahmi kita juga ajang soaialisasi antar komunitas pemuda sadar wisata saling berbagi ilmu dan pengalaman. Harapan kami deman sadar wisata harus ditularkan kepada generasi muda dengan cara merangkul mereka dalam banyak kegiatan bertemakan wisata. TDC bertekad melatih sebanyak mungkin pemuda Pariaman menyelam agar nantinya dapat menjadi tourist guide," kata Citra yang juga kepala UPTD Konservasi Penyu DKP Kota Pariaman yang telah mengantongi sertifikasi menyelam.

Dia menambahkan, pemuda Pariaman harus ditanamkan jiwa rasa memiliki daerah agar sadar dan ikut terlibat untuk memajukan daerahnya, salah satunya membangun dunia pariwisata dengan gerakan nyata.


Sementara itu, Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih Pariaman, Hendri Chaniago mengatakan, dengan kegiatan ini para pemuda diyakini menjadi garda terdepan dalam mempromosikan wisata bahari Kota Pariaman, baik melalui pergaulan komunitas, media sosial, maupun dalam berbagai kegiatan lain yang mereka lakoni.
 

Kegiatan TDC ini, kata Hendri, outputnya sangat positif dimana akan lahir pemuda-pemuda pemandu wisata bahari Pariaman yang tidak prematur. 

"Peserta semuanya para pemuda sadar wisata yang haus akan ilmu pengetahuan dan keterampilan penunjang untuk menjadi tourist guide. Dengan aset wisata terumbu karang dan panorama bawah laut kita yang memukau ditambah lahirnya pemandu selam baru, selain membantu pemerintah dalam mempromosikan wisata juga menghasilkan bagi mereka kelak, tidak hanya secara ekonomi tetapi juga keterampilan menyelam sebagaimana kita ketahui sertifikat penyelam bertingkat-tingkat mulai dari A, A1, A2, A3 hingga sertifikasi B dan B1," kata Hendri yang juga Kabag Humas Pemko Pariaman.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar sempat datang untuk memberikan dukungan pada peserta latihan menyelam dasar. Dia datang saat hujan turun sangat lebatnya.

"Rencananya pak wawako (Genius) akan bergabung dengan kita. Namun karena kegiatan beliau cukup padat, hal tersebut beliau pending. Namun ada waktunya beliau akan ikut latihan bersama kita," tuntas Hendri.

Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update