Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bis Sekolah Pariaman Resmi di Launching, Apa Kata Mardison?

17 September 2014 | 17.9.14 WIB Last Updated 2014-09-17T08:21:18Z




Orang bijak pernah berkata, jika Anda betul-betul menginginkan sesuatu maka sesuatu itu lambat laun milik Anda. Analogi di atas persis sama dengan keinginan Pemko Pariaman untuk menyediakan bis sekolah gratis bagi seluruh sekolah yang ada di Kota Pariaman untuk menunjang pendidikan dan keselamatan jiwa siswa yang selama ini ke sekolah menggunakan sepeda motor, meringankan beban ekonomi dan waktu orangtua murid serta menekan lakalantas yang menurut rilis Polres Pariaman prosentase terbesar lakalantas yang terjadi di Kota Pariaman memakan korban siswa sekolah dan anak di bawah umur yang notabene tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).



Keinginan mewujudkan bis sekolah tersebut merupakan perjuangan panjang yang sebelumnya ditentang secara masif oleh DPRD Kota Pariaman periode 2009-2014 dengan sikap menolak menyetujui anggaran pengadaan tiga unit bis sekolah yang diajukan oleh Pemko Pariaman. Mukhlis, sebagai pemegang komando tertinggi dijajaran Pemko Pariaman bersama Genius Umar seakan tertantang dengan penolakan dewan tersebut. Rapat pengesahan APBD 2014 sempat tertunda oleh karenanya.

Seiring berjalannya waktu, konsistensi terpegang, mereka mencari sendiri unit bis untuk dijadikan bis sekolah, diantaranya dengan mengajukan proposal ke kementrian perhubungan RI dan merenovasi bis yang ada untuk disulap menjadi bis sekolah yang secara resmi di launching pada hari ini.

Tekad Mukhlis-Genius untuk mengaplikasikan bis sekolah Pariaman pada waktu itu meski ditolak dewan mendapat dukungan dari berbagai pihak diantaranya tidak tanggung-tanggung oleh Indra Jaya Piliang rivalnya sesama calon walikota Pariaman pada Pilkada 2013 lalu. Tak sampai disitu, gabungan tokoh masyarakat Pariaman Utara, kepada Wakil Walikota Genius Umar juga memberikan dukungan yang sama agar Pemko segera merealisasikan bis sekolah untuk Kota Pariaman saat pengukuhan KAN di Pasir Naras awal tahun 2014 ini bagaimanapun caranya.

Hari ini, Rabu (17/9) Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Genius Umar, Ketua DPRD Mardison Mahyuddin, Wakapolres Pariaman, Kepala Bank Nagari, Unsur Muspida, serta sejumlah kepala SKPD, bersama awak media, dengan gembira melaunching bersama dua unit bis sekolah di halaman Balaikota Pariaman, kemudian selanjutnya meninjau rute tiga (3) atau rute SMKN1 Pariaman dan SMPN 5 Pariaman dalam satu bis, yaitu bis sekolah bantuan dari kementrian perhubungan RI tersebut.


Mukhlis-Mardison satu visi akan pentingnya bis sekolah

Di dalam bis sekolah selama perjalanan melewati rute 3, Mukhlis mengatakan, paling tidak pemko Pariaman menyediakan 10 unit bis sekolah agar semua kebutuhan terpenuhi. Untuk itu dia akan meminta unit bis sebanyak-banyaknya ke kementrian perhubungan RI disamping mengulang kembali pengajuan anggaran pengadaan bis sekolah ke DPRD Kota Pariaman pada tahun anggaran 2015.

"Bis sekolah bukanlah milik sekolah SMA1 atau SMA2 tetapi milik semua sekolah yang ada di Kota Pariaman. Jam pelaksanaan operasional bis sekolah adalah pagi (06.00 WIB - 08.00 WIB), siang (12.00 WIB - 15.00 WIB) dan sore (16.00 WIB - 18.00 WIB). Jarak minimal antara satu halte dengan halte lainnya 1 KM agar para siswa mudah menjangkau halte dari rumah," kata Mukhlis.

Mukhlis menambahkan, anggota DPRD periode 2014-2019 adalah wakil-wakil pilihan rakyat yang tidak diragukan lagi akan berbuat semaksimal mungkin demi kepentingan rakyat.

Ketua DPRD Mardison Mahyuddin yang duduk bersebelahan dengan Mukhlis menegasakan bahwa DPRD Kota Pariaman akan mendukung program pengadaan bis sekolah, karena menurutnya, bis sekolah adalah keinginan rakyat.

"Apapun program Pemko Pariaman selama itu demi kepentingan rakyat, Insya Allah kita dukung," ucapnya.

Rute operasional pelayananan angkutan gratis bis sekolah Kota Pariaman dibagi tiga (3) rute:

Rute 1, atau jalur SMAN6 dan SMPN8 Pariaman melewati Terminal Jati, Jl Wolter Monginsidi, Jl HM Soeharto (bypass), Jl Anas Malik, Simp. Apar, Simp. Cubadak Air, Simp. Pasir Putih, Simp. Kayu Putih, Simp. Sungai Batuang, SMPN8, Simp. Jalan Baru dan Simp. Sidi Tukar Arif, kemudian SMAN6 Pariaman (PP)

Rute 2, atau jalur SMAN5 dan SMPN6 Pariaman dengan jalur yang dilewati Terminal Jati, Jl H Samanhudi, Jl Sisingamangaraja, Jl H Rasul Telur, MTsN Thawalib, Jl Gandoriah, MAN Padusunan, SMPN6, Jl Kayu Gadang dan SMAN5 Pariaman (PP)

Rute 3, atau jalur SMKN1 Pariaman dan SMPN5 Pariaman dengan jalur yang dilewati Terminal Jati, Jl Wolter Monginsidi, Simp. Batang Kabung, Jl Saman Hudi, Simp. Kompi Barantai, Jl Husni Tamrin, Simp. Kompi Bakapak, Simp Ahmad Hosen, SMKN1 Pariaman, Simp. Air Santok, SMPN5 Pariaman, Jl Tuanku Nan Renceh dan MTSN Rambai (PP)

Bis sekolah secara efektif dan berkesinambungan akan dioperasionalkan pada hari Senin, 22 September 2014. Untuk itu Genius Umar menghimbau agar para siswa tepat waktu menunggu di halte bis yang telah disediakan sambil menunggu jemputan bis sekolah.

Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update