Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Muslim Kasim: Pariwisata Sumatera Barat Berpotensi Menjadi Destinasi Nasional

28 Agustus 2014 | 28.8.14 WIB Last Updated 2014-08-28T01:34:07Z






Bali, 27 Agustus 2014. Sumatera Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat besar untuk dapat menjadi destinasi wisata nasional maupun internasional. Sumatera Barat memiliki Sumber daya Alam yang lengkap yang dapat dikembangkan menjadi wisata alam, kuliner, wisata pendidikan, eko wisata, wisata budaya dan lain-lainnya. Demikian dikatakan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. Muslim Kasim MM pada suatu diskusi di lokasi water sport Pantai Tanjung Benoa Bali siang tadi.

Ditambahkan oleh Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar yang juga ikut dalam kunjungan ke Bali tersebut yang sangat konsen dengan issue pariwisata ini bahwa Sumatera Barat memiliki hampir seluruh jenis pariwisata nasional dan dunia, mulai dari wisata gunung, danau, laut (diving, snorkeling, surfing) dan pesisir pantai, pulau-pulau, hutan, lembah/ngarai, sawah, budaya yang khas dan lain-lainnya. Semua potensi tersebut kalau dikelola dengan baik, maka akan menjadi kekuatan bagi Sumatera Barat untuk menjadi market leader dalam dunia wisata.

Setiap kabupaten kota seyogyanya mengembangkan kompetitif advantage (kekuatan) masing-masing dibidang pariwisata, misalnya Kota Pariaman dengan kekuatan wisata bidang kelauatan dan perikanan, bahari, water sport di laut. Kabupaten Agam, Kota Bukit tinggi mengembangkan wisata pegunungan, tanah datar dengan kekuatan lainnya. Dengan beragamnya potensi tersebut, maka peran pemerintah propinsi (baca: Gubernur) adalah mampu mengkoordinasikan setiap potensi wisata setiap daerah. 

Pemasaran wisata Sumatera Barat akan lebih baik jika menggunakan konsep single marketing system yang berarti untuk memasarkan pariwisata Sumatera Barat perlu dilakukan oleh pemerintah propinsi Sumatera Barat, supaya lebih terkoordinir dan destinasi bisa lebih beragam sehingga lama wisatawan tinggal akan lebih lama. Demikian imbuh wawako yang juga pakar analis kebijakan publik.

Selanjutnya Wagub yang juga mantan Kepala Dolog Bali ini menjelaskan bahwa kelebihan yang dimiliki oleh Bali adalah kemampuan mengemas produk wisata menjadi menarik bagi turis, kesiapan masyarakat Bali menjadi masyarakat pariwisata, keaktifan kalangan pengusaha pariwisata dan pengalaman menjadi daerah wisata. Masyarakat Bali sudah siap menjadi masyarakat wisata. Berbagai nilai posistif dari Bali ini perlu dikembangkan di Sumatera Barat yang secara alami sudah memiliki potensi yang besar.

Sumatera Barat akan mengembangkan water sport (wisata olah raga di air) khususnya di perairan kota Pariaman dan  Pulau Angso di depan Kota Pariaman. Sekarang sedang dalam proses investasi untuk mengembangkan parasailing (parasut yang ditarik dengan kapal speed boat) di Pulau angso Pariaman. Demikian imbuh Wakil Gubernur Sumatera Barat itu.
×
Berita Terbaru Update