Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Samaun Bakri Sang Jurnalis Pahlawan Perintis Kemerdekaan Asal Kuraitaji

30 Agustus 2014 | 30.8.14 WIB Last Updated 2014-08-30T13:37:50Z




Bagian Humas Pemerintah Kota Pariaman menyelenggarakan acara Launching/Peluncuran/bedah Buku berjudul "Samaun Bakri, Sejarah Perjuangan Sang Jurnalis dan Misteri Jatuhnya Pesawat RI 002," di aula utama Balaikota Pariaman, Sabtu (20/08/2014).

Acara tersebut dibuka oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman sekaligus penyerahan secara simbolis buku tulisan Fuad Samaun Bakri, Putra dari Alm. Samun Bakri, pahlawan pergerakan nasional asal Kuraitaji Pariaman. Mukhlis mengatakan sebagai warga Pariaman, kita seharusnya merasa bangga memiliki sosok pejuang perintis kemerdekaan sekaliber almarhum.

Samaun Bakri adalah putra asli Kuraitaji Pariaman merupakan seorang Jurnalis pada Masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan Jepang dan Belanda. Beliau juga merupakan orang kepercayaan Presdiden Soekarno dan Wakil Presiden M. Hatta.

Kata Mukhlis, atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Pariaman, dia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada pihak keluarga almarhum  Samaun Bakri khususnya Fuad Samaun Bakri, atas segala kegigihan pihak keluarga memperjuangkan status ayahandanya kepada negara untuk ditetapkan sebagai pahlawan Perintis Kemerdekaan Anumerta dan Pahlawan Nasional dengan tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden RI Megawati pada tahun 2002.
 

"Pada 1981 beliau dianugerahi gelar pahlawan perintis kemerdekaan, pasca ditemukannya reruntuhan pesawat RI 002 bersama jasad beliau dan jasad rombongan lainnya di pegunungan Lahat Propinsi Sumatera Selatan pada Tahun 1978, yang kurang lebih 30 Tahun sejak pesawat RI 002 itu dinyatakan hilang," sebut Mukhlis.

Dengan diluncurkannya buku ini, tukuk Mukhlis, seluruh komponen bangsa, khususnya warga Pariaman senantiasa mengenang dan merenungkan semangat juang yang telah ditunjukkan beliau dalam menegakkan NKRI.

Disaat sama, Ketua Umum DPP-PKDP, Dr. Suhatmansyah Is, M.Si mengatakan bahwa putra Pariaman ada yang ikut berjuang dalam merintis Kemerdekaan Indonesia, Samaun Bakri salah satunya.

"Sebagai generasi sekarang ini, bentuk perjuangan kita adalah mengisi kemerdekaan. Bayangkan, pendahulu kita mengorbankan harta, darah dan nyawanya demi tegaknya negara kita tercinta ini. Dan putra Piaman salah satu dari orang-orang hebat tersebut. Bagi kalangan jurnalis yang hadir disini gali lebih dalam tentang sosok beliau yang juga seorang Jurnalis, serta publikasikan," ucap Suhatmansyah.

Narasumber dalam acara launching buku tersebut adalah Sjafnir Aboe Nain Dt. Kando Marajo yang menceritakan tentang kepahlawanan Samun Bakri yang berasal dari kakek beliau Bagindo Tan Labiah. Dra. Zusneli Zubir, M.Hum peneliti PNPB Padang, dan Fuad Bakri, putra almarhum. Acara turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Unsur Muspida, Sekdako Pariaman Armen, pengurus DPP PKDP Pusat, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, Kepala Desa, serta Pemuka Masyarakat  se-Kota Pariaman juga para jurnalis. 


OLP/Nesya
×
Berita Terbaru Update