Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hary Efendi Iskandar Siap Ambil Suksesi Kepemimpinan Bupati Padangpariaman

22 Agustus 2014 | 22.8.14 WIB Last Updated 2014-08-22T08:33:54Z



Rasanya susah tidak mengenal sosok Hary Efendi Iskandar, SS, MA, pria asal Sungai Limau Padangpariaman ini di kancah akademisi, budayawan dan aktivis SUMBAR. Ajo Hary karib ia disapa merupakan tokoh muda SUMBAR asal Pariaman kelahiran 6 Maret 1976 yang sekarang selain Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya  Universitas Andalas Kampus Unand  Limau Manis Padang, juga acapkali dilibatkan dalam diskusi-diskusi strategis dalam pengambilan kebijakan di provinsi Sumatera Barat.

Hary, mengundang Joko Widodo di kampus Unand untuk memberikan kuliah umum

Ajo Hary, saat berbincang dengan kami, memaknai Pilkada Padangpariaman sebagai suksesi kepemimpinan untuk mendorong anak-anak muda turun tangan memimpin Padangpariaman. Anak muda progresif, punya visi, memiliki integritas sudah selayaknya di dorong maju sebagai calon bupati wakil bupati Padangpariaman periode 2015-2020.

"Kita tahu tantangan ke depan sangat berat serta anak muda yang dicitrakan gagal. Namun demikian sejarah menunjukan, anak muda yang baik, memiliki integritas kuat dan semangat membangun mengubah paradigma tersebut selayaknya kita dorong bersama dalam momentum publik Pilkada Padangpariaman 2015 ini," kata Ajo Hary saat diskusi santai dengan tokoh ormas pemuda Pariaman, Kamis (21/8).

Hary mengatakan, sekarang ini anak muda tidak boleh lagi hanya pintar berwacana, namun musti ambil kesempatan dalam sebuah sistem agar output dari buah pikiran mereka bisa menjadi sebuah realisasi yang bermanfaat untuk kebaikan masyarakat.

"Orang banyak beranggapan jabatan bupati itu terlalu wah, sehingga banyak orang-orang baik tidak turun dalam momen suksesi kepemimpinan tersebut. Padahal, suksesi kepemimpinan adalah momen publik bagi siapa saja untuk menawarkan konsep pemikiran untuk membangun sebuah peradaban," imbuh aktivis 98 yang sering membawa tokoh nasional sebagai narasumber termasuk Jokowi dan Anies Baswedan ke kampus Unand tersebut.

Perihal Pilkada Padangpariaman yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 ini, Hary bertekad akan mewarnai persaingan ketat menuju Padangpariaman satu dengan maju mencalonkan diri sebagai calon Bupati Padangpariaman periode 2015-2020.

"Masih banyak sumber daya alam Padangpariaman belum dikelola secara optimal meski beberapa diantaranya sudah berjalan baik. Untuk memajukan Padangpariaman butuh konsep lompatan berpikir yang mengacu pada kinerja ril, tidak hanya sekedar mengelola administrasi," ungkap Hary yang sudah mulai turun ke bawah melihat fakta ril kondisi masyarakat di Padangpariaman ini.

Hary menyebutkan sentra kakao salah satu komoditi unggulan pertanian di Padangpariaman masih subkoordinasi pasar. Untuk itu, kata dia, pemerintah perlu membuatkan sebuah sindikasi pasar agar Padangpariaman menjadi pusat sentralisasi pasar.

"Sumber daya alam kita lainnya adalah laut, keindahan alam, pantai, kuliner dan budaya yang jika dikelola secara maksimal akan menjadi sebuah market bagi industri pariwisata," jabar pria yang SD, SMP hingga SMA nya di Pariaman ini.

Dengan meyakinkan Hary mengatakan bahwa secara pribadi dua Ketua Umum Partai besar di Sumbar, yaitu Alex Lukman Ketua DPW PDIP dan Febby Dt. Angso Nan Putiah Ketua DPW PKB meminta dirinya untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Padangpariaman.

"Saya tahu bahwa dunia politik itu dinamis dan penuh tantangan. Kita lihat saja kedepannya dan biarkan mengalir. Saya berkeinginan maju dalam bursa Padangpariaman untuk menawarkan konsep untuk Padangpariaman yang lebih baik," tutup Hary optimis.

DATA  PRIBADI
Nama             : HARY EFENDI ISKANDAR, SS, MA
Tempat/Tgl. Lahir    : Pariaman/ 6 Maret 1976
Jenis kelamin    : Laki-laki
Agama        : Islam
Status            : Kawin
Pendidikan terakhir    : S2
Pekerjaan        : Dosen  Sejarah Fak. Ilmu Budaya  Universitas Andalas
  

Kampus Unand  Limau Manis Padang
Email            : hary_efendi@yahoo.com

PENDIDIKAN FORMAL
1983 – 1989    : SD Negeri 2 Sungai Sirah Pilubang
1989 – 1992    : SMP Negeri 1 Sungai Limau
1992 – 1995    : SMA Negeri 1 Sungai Limau
1995 – 2001    : Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang
2007---2010    : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

AKTIVITAS Organisasi Sosial-kemasyarakatan / NGO
1)    Sekretaris Jenderal BEM KM UNAND 1999-2000
2)    Deklarator dan Presidium Nasional University Net-Work For Fair And Free Election. (UNFREL-Jakarta) Tahun 1999  
3)    Badan Pelaksana Alainsi Pemantau Pemilu Independen Sumatera Barat (APPI-Sumbar) Tahun 1999
4)    Wakil Sekretaris Badko HMI Sumatera Barat, 2000-2001
5)    Wakil Ketua Bidang Pengorganisasian & Hubungan Antar Lembaga dan Kemasyarakatan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Wilayah Sumatera Barat. Tahun 2001-2002      
6)    Wakil Ketua KNPI Propinsi Sumatera Barat, 2004-2007
7)    Wakil Direktur Pusat Studi Humaniora (PSH) Universitas Andalas Padang. Tahun 2012-2016
8)    Penggagas dan Sekretaris Majelis Anggota Wilayah Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Sumatera Barat 2012-2015
9)    Pj. Sekretaris NU Propinsi Sumatera Barat 2012-2013


Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update