Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bukti Serius Garap Pariwisata, Pemko Pariaman Datangkan Konsultan

8 Agustus 2014 | 8.8.14 WIB Last Updated 2014-08-08T12:42:33Z



Keinginan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman untuk menjadikan objek wisata potensial Kota Pariaman sebagai daerah destinasi wisata di Sumatera Barat sangat menggebu-gebu karena didukung dengan potensi alam yang memadai, ke-elokan  dan kekayaan budaya masyarakat Pariaman, serta adanya berbagai situs bersejarah peninggalan zaman Belanda, menuntut Pemko Pariaman harus segera mengoptimalkan potensi tersebut.



Menindak lanjuti kebutuhan itu, Pemko Pariaman mendatangkan konsultan desain tata-ruang untuk menggarap rencana pengembangan objek wisata di kota ini, terutama rencana pembangunan restoran dan hotel yang dibuat mengunakan bekas gerbong kereta api.



Menurut Pudji Handoko, konsultan yang mengujungi Pariaman mengatakan, sangat besar potensi yang dimiliki Kota Pariaman mulai dari lokasi pantai, sungai, serta adanya jalur kereta api aktif yang melintas diantara lokasi wisata tersebu.



“Ini tinggal pembenahan, alam telah menyediakan semuanya, sektor pariwisata merupakan urat nadi penting perekonomian suatu daerah dan penentunya adalah jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara,” kata dia.



Selain itu, menurut dia, untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, para stakeholder dunia pariwisata harus bersinergi dalam menjalankan manajemen wisata dan menerapkan strategi pemasaran yang inovatif.



Mengenai rencana pemko membangun hotel dan restoran didalam gerbong kereta api, Pudji Handoko menyarankan agar gerbong itu dibangun portabel agar bisa dipindah-tempatkan sesuai kebutuhan dan minimal memanfaatkan lima gerbong, serta memiliki standar kamar setara minimal hotel bintang tiga.

Terus mengenai potensi aliran sungai (Muara Pariaman)  Pudji Handoko menyarankan agar sungai ini mejadi latar depan wajah Kota Pariaman seperti yang sudah diterapkan di negara-negara Eropa, tutupnya.

Angga/OLP
×
Berita Terbaru Update