Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pacu Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumbar, Ali Mukhni Terima Penghargaan Lagi dari Presiden RI

18 Juli 2014 | 18.7.14 WIB Last Updated 2014-07-18T08:29:05Z


Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Bupati Dharmasraya Adi Gunawa, Ketua Dekopinda Sumbar Khairul Darwis, Ketua Dekopinda Padangpariaman Endarmi berfoto bersama usai mengikuti peringatan acara puncak Hari Koperasi Nasional (HPN) ke 67 Tahun 2014 di Lapangab Benteng, Kota Medan, Prop. Sumatera Utara, Selasa (15/7)

Peringatan puncak acara Hari Koperasi Nasional (HPN) ke 67 Tahun 2014 di Lapangan Benteng, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (15/7) yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, berlangsung meriah. Ribuan insan koperasi di seluruh Indonesia antusias mengikuti acara tersebut. Pada acara itu sekaligus memberikan penghargaan kepada insan koperasi yang dianggap berjasa dalam menggerakkan koperasi di daerahnya, termasuk yang diterima oleh Bupati Padang Pariaman Drs.H. Ali Mukhni.

Kerja keras dan kesungguhan Ali Mukhni dalam pembangunan dan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah mendapat apresiasi oleh Presiden.

Setelah sebelumnya meraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya beberapa waktu lalu, kali ini Bupati yang dikenal gigih itu meraih penghargaan Bhakti Karya Koperasi dari Presiden RI. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap pembinaan koperasi di Kabupaten Padangpariaman yang dia pimpin.

"Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat khususnya insan koperasi di Padangpariaman. Kewajiban saya selaku Bupati, untuk melayani dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat," kata Bupati yang juga anggota koperasi pasar padang sago ini.

Dijelaskannya, Padangpariaman pasca gempa 2009 yang lalu meluluhlantakan seluruh sektor riil dan usaha mikro kecil menengah yang berdampak rendahnya kesejahteraan masyarakat. Namun dengan kerja keras stakeholders dan peran serta koperasi, maka Padangpariaman bangkit disegala bidang, baik infrastruktur, ekonomi kreatif dan kemasyarakatan.

Pesatnya perkembangan koperasi, kata Bbupati, berdampak terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi sehingga Kabupaten Padang Pariaman tercatat sebagai Kabupaten yang meraih pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat yaitu 6,67% Sedangkan untuk kota, yang meraih pertumbuhan ekonomi adalah kota Payakumbuh yaitu 6,72%.

"Alhamdulillah, peran serta koperasi dan pesatnya pergerakkan ekonomi kerakyatan membawa Kabupaten Padangpariaman tercatat sebagai Kabupaten yang meraih pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera Barat yaitu 6,67%. Dan insya allah akan mencapai 7% dalan kondisi normal," imbuh Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Sumbar Khairul Darwis menilai perkembangan koperasi meningkat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Ini berarti, ucap dia, adanya komitmen yang kuat yang terjalin antara pemerintah daerah dengan pelaku koperasi. Kata dia, ia akan mendukung Padangpariaman menuju Kabupaten Koperasi di Sumatera Barat.

"Perkembangan koperasi padangpariaman meningkat pesat. Untuk itu saya mendukung komitmen Padangpariaman menuju kabupaten koperasi di sumbar," kata dia.

Menanggapi hal tersebut Ketua Dekopinda Padangpariaman Endarmy mengingatkan agar dinas yang menangani koperasi agar bekerja lebih keras membina koperasi dan merubah mindset masyarakat dalam memberdayakan koperasi.

Kadis Koperasi Perdagangan dan ESDM Padangpariaman Rustam melaporkan bahwa pada tahun 2014 terdapat 234 koperasi yang tersebar di 17 kecamatan se-Padangpariaman. Dan tak kurang 10 ribu UMKM yang dibina untuk kesejahteraan masyarakat. Kata dia, ia bersama jajaran bertekad memajukan koperasi dan memasyarakatkan koperasi yang akuntabel.

"Sesuai arahan Bupati, kami beserta jajaran bertekap untuk memajukan dan memasyarakatkan koperasi yang akuntabel di Padangpariaman," sebut Rustam.

Pada kesempatan itu, Presiden SBY juga diberi gelar kehormatan sebagai Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi Indonesia oleh Dewan Koperasi Indonesia melalui Menteri Koperasi dan UMKM Syarief Hasan.


HA/OLP

×
Berita Terbaru Update