Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah Alasan Kenapa Tak Perlu Cemas Lagi Jika Menumpang Kapal Menuju Pulau

21 Mei 2014 | 21.5.14 WIB Last Updated 2014-05-21T13:49:36Z




Dengan makin banyaknya wisatawan yang mengunjungi pulau Angso duo dan pepulauan lainnya di kawasan laut Kota Pariaman, Pemko Pariaman menggandeng asuransi Jasa Raharja untuk menjamin keselamatan jiwa para wisatawan bahari tersebut. Menurut Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, pada hari Sabtu dan Minggu, tidak kurang dari 1000 wisatawan, baik lokal maupun luar daerah yang mengunjungi pulau-pulau yang ada di kawasan perairan laut Kota Pariaman. Hal itu dikatakan Genius saat obrol santai seusai pemasangan stiker asuransi Jasa Raharja di kapal motor transportasi pulau bersama Kepala Cabang Jasa Raharja Sumbar M.A. Hartadi di muara Pariaman, Rabu, 21/5/2014.

Genius yang di dampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Agusriatman, Camat Pariaman Tengah Alfian Harun, Kabag Humas Hendri, juga meminta kepada Hartadi agar mendirikan plang Jasa Raharja di depan muara di lokasi bersandarnya Kapal Motor agar calon penumpang mengetahuinya.

"Jasa Raharja cabang Sumbar menjamin keselamatan penumpang ke pulau yang kian hari makin meningkat jumlah kunjungannya, baik wisata religi ke pulau Angso duo maupun para penyelam. Hal ini menjadi perhatian serius mengingat Kota Pariaman adalah kawasan wisata pantai yang mulai mengeliat. Asuransi dimulai terhitung mulai hari Sabtu besok (24/5)," ucap Genius saat memasang stiker Asuransi di Kapal Motor transportasi menuju pulau.

Menurut Agusriatman, Sarana Transportasi laut harus memiliki standar keamanan, seperti kapasitas mesin, jumlah pelampung, ukuran kapal, dan standar tekhnis lainnya.

"Dinas Perhubungan baru akan memberikan izin pada kapal motor sebagai sarana transportasi massal menuju pulau apabila memenuhi standar keselamatan penumpang. Pemilik kapal musti menyediakan satu pelampung untuk satu penumpang," terang Agus.

Agus juga mengatakan bahwa di depan muara Pariaman akan di dirikan tempat penjualan tiket (loket) terpadu dan ruang tunggu calon penumpang yang nantinya di kelola secara bersama oleh Dinas Pariwisata, Pehubungan, Polisi dan Tim Resque BPBD Kota Pariaman.

"Jika pasang surut di muara Pariaman, penjualan tiket tetap disini, sedangkan menaikan penumpangnya di tower resque yang terletak di halaman pantai Gandoriah. Penumpang yang naik tidak boleh melebihi kapasitas yang telah kita tetapkan demi keselamatan penumpang," imbuh Agus.

Besaran asuransi Jasa Raharja jika terjadi kecelakaan di laut, menurut Hartadi, adalah Rp 25 juta untuk santunan kematian, Rp 10 juta untuk korban luka-luka, Rp 25 juta untuk cacat seumur hidup dan Rp 2 juta untuk santunan pemakaman jika korban kecelakaan tidak memiliki ahli waris.

OLP
×
Berita Terbaru Update