Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Geliat Wisata Bahari Pariaman

3 Mei 2014 | 3.5.14 WIB Last Updated 2014-05-03T15:49:20Z



"Di bandingkan pantai Kuta Bali, Pantai Pariaman jelas lebih indah," ungkap Jasri Umar, SH MH (48), Kajari Purworejo, saat siap-siap menuju speedboat menuju pulau ujung untuk menyelam (Diving & Snocling) di halaman pulau berair jernih tersebut, Sabtu 3/5/2014.



Jasri, yang ditemani putra pertamanya Rido Laksamana Jasri Umar (21) mengatakan, akan tiba saatnya dimana Pantai Pariaman akan menjadi pusat destinasi wisata bahari.




"Saya pikir apabila sudah dibangunnya sebuah dermaga di sini (pantai gandoriah) sehingga semua keindahan pantai Pariaman dapat dinikmati wisatawan secara include (wisata pantai dan wisata pulau)," imbuh kakak kandung Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar ini serius.

Jasri mengatakan, kemajuan dunia Pariwisata di Pariaman perlu mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

"Bali sektor wisatanya bagus karena masyarakatnya sadar wisata. Kemajuan dunia Pariwisata tidak terlepas dari sokongan semua pihak, terutama masyarakat itu sendiri," imbuh Jasri yang optimis Kota Pariaman sedang menuju kearah itu.

Sementara itu, menurut Genius, Pemko Pariaman sangat serius berakselerasi menjadikan Kota Pariaman menjadi destinasi baru Wisata Bahari di pantai barat pulau Sumatera.

"Kita mulai tahap demi tahap. Dermaga akan segera kita bangun. Untuk itu Pemko Pariaman sudah mengajukan anggaran ke kementrian," kata Genius. 

Genius mengimbuhkan, sarana wisata dengan menggandeng PT KAI (Kereta Api Indonesia) sebagai transportasi yang nantinya akan melewati daerah pusat konservasi penyu sebagai cagar wisata ekologi, kemudian membuka kembali akses kereta api menuju Naras, merupakan komitmen Pemko untuk membuka akses seluas-luasnya bagi pengembangan dunia kepariwisataan di Kota Pariaman.

"Kemudian resort dan wahana di Pantai Kata, Restorant empat lantai menghadap laut di Ujung Muara Pauh sudah fix akan di bangun. Prosesnya sekarang hanya menunggu perizinan di tingkat Pusat. Itu yang membangun adalah Investor asli putra Pariaman juga yang berkiprah di tingkat nasional," tukuk Genius.

Dari data yang kami kumpulkan, terjadi peningkatan kunjungan wisata ke pantai Pariaman yang cukup dinamis sejak tahun 2011. Begitu juga dengan wisatawan yang mengunjungi Pulau Angso Duo.

"Sabtu dan Minggu, atau hari libur Nasional paling tidak 50 wisatawan sehari berkunjung ke Pulau. Pulau Utama yang mereka kunjungi adalah pulau Angso. Jika akses menuju pulau-pulau sudah terbuka lebar dengan adanya Dermaga, kunjungan wisatawan menuju pulau akan berkali-kali lipat," kata Darmadi Rahmad atau yang akrab disapa Oyon Pagai (42) "juru kunci" pulau Angso kepada kami.

Dari pantauan kami dari atas kapal sore itu, halaman pantai Gandoriah, sangat ramai oleh para pengunjung.

"Siapa bilang Pariaman sepi. Kalau mau lihat keramaian di Pariaman, datang saja ke sini (pantai Gandoriah)," cetus Genius sambil melirik kerumunan manusia di pantai Gandoriah Pariaman sembari tersenyum.

Catatan Oyong Liza Piliang
×
Berita Terbaru Update