Golkar Diprediksi Pertahankan 3 Kursi, Nasdem Sabet 2 Kursi Untuk DPRD Kota Pariaman

         Suasana penghitungan suara di Desa Pauh Barat dan Desa Kampung Baru




Dari pantauan kami di lapangan hingga postingan ini di publish (pukul 22.15 WIB, Rabu 9/4/2014), mayoritas TPS yang ada di Kota Pariaman sedang melakukan penghitungan suara. Di Desa Kampung Baru, Cimparuah yang masing-masing memiliki 6 TPS, penghitungan suara di prediksi selesai hingga dini hari nanti.

Penghitungan surat suara dimulai dari Kotak surat suara DPD RI, kemudian DPR RI, berlanjut DPRD Provinsi dan terakhir penghitungan suara DPRD Kota dan Kabupaten.

Menurut pengakuan Kepala Desa Pauh Barat Kardinal Fery, tingkat partisipasi pemilih di Desa nya diperkiran lebih dari 70% pemilih.

"Dari yang saya lihat dan juga data KPPS, jumlah partisipasi pemilih jauh lebih meningkat dibandingkan Pilkada lalu. Asumsi prosentase diatas 70% pemilih," jelasnya.

Hingga malam ini, belum ada komentar dari berbagai Tim dan para caleg serta parpol, baik untuk Kota Pariaman maupun Provinsi dan pusat yang berani mengklaim kemenangannya.

"Belum masuk keseluruhan suara. Sekarang masih dalam tahap penghitungan. Sepertinya suara terpecah di hampir tiap TPS," kata seorang caleg dari daerah pemilihan Pariaman Tengah.

Namun dari berbagai spekulasi serta pantauan kasar kami di lapangan, Partai NasDem sebagai partai pendatang baru di prediksi untuk dapil Pariaman Tengah dan Pariaman Utara meraih masing-masing satu kursi untuk dapil tersebut, begitu juga dengan Partai Golkar di prediksi akan tetap memperoleh 3 kursi dari tiga dapil yang ada sebagaimana Pemilu  sebelumnya. Namun siapa caleg yang akan duduk, kami belum dapat memastikannya, karena persaingan masing-masing caleg se partai lumayan ketat.


Update 10/4/2014

Berikut prediksi perolehan 20 kursi anggota DPRD Kota Pariaman periode 2014-2019 per daerah pemilihan. Data yang kami kumpulkan ini diperkirakan tidak akan banyak mengalami perubahan signifikan, namun demikian, untuk hasil real dan kepastiannya  kita musti menunggu ketetapan oleh KPU Kota Pariaman.

Partai Pemenang Pemilu Legislatif Kota Pariaman dengan perolehan suara tertinggi untuk sementara dipegang oleh Partai Golkar, kemudian disusul oleh Partai Nasdem dan Gerindra.

Berikut prediksi/perkiraan perolehan kursi per daerah pemilihan partai politik yang akan menduduki kursi DPRD Kota Pariaman:

Daerah Pemilihan Pariaman Tengah 7 kursi

1. Partai Golkar
2. Partai Nasdem
3. Partai PAN
4. Partai Hanura
5. Partai PBB
6. Partai Gerindra
7. Partai PDIP

Daerah Pemilihan Pariaman Utara 5 kursi

1. Partai Golkar
2. Partai Nasdem
3. Partai Gerindra
4. Partai PPP
5. Partai PBB

Daerah Pemilihan Pariaman Timur dan Pariaman Selatan 8 Kursi

1. Partai Golkar
2. Partai Nasdem
3. Partai PAN
4. Partai Gerindra
5. Partai PKS
6. Partai Hanura
7. Partai PPP
8. Partai PBB


(Untuk Nama-Nama Caleg, kami belum berani publikasikan karena masing-masing Caleg masih kejar-kejaran di internal Partainya meskipun ada beberapa caleg yang sudah bisa kami pastikan. Kami akan umumkan setelah mendapatkan hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan)


Catatan Oyong Liza Piliang