Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anak SD se-Kota Pariaman Harus Disuguhi Panganan Aman

24 April 2014 | 24.4.14 WIB Last Updated 2014-04-24T12:52:55Z


Image: Ilustrasi




Terjadi perubahan pada pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi menyebabkan masyarakat harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan. Hal itu dikarenakan oleh banyaknya komoditas pertanian, perikanan yang tercemar oleh bahan-bahan berbahaya yang apabila dikonsumsi nantinya akan merusak kesehatan begitu juga dengan makanan yang siap saji. 

Hal ini disampaikan oleh Walikota Pariaman yang diwakili oleh Drs. Januismadi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Kota Pariaman ketika membuka secara resmi acara Sosialisasi Peningkatan Mutu Keamanan Pangan Anak SD se-Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman Kamis, (24/4/2014).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ir. Mikdad Hurya,  Kabid Kewaspadaan Pangan Provinsi Sumbar, Rio Arisandi, S.Si, Apt dari Dinas Kesehatan dan Kepala UPT Ketahanan Pangan Kota Pariaman, Ir. Dewi Sastra, MM. 

Dari penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa banyak makanan ataupun jajanan anak sekolah yang menggunakan biang gula (pemanis buatan) atau asam benzoat (pengawet) yang berlebihan. Hal itu disampaikan oleh Mikdad Hurya. 

Bahan yang sering digunakan untuk makanan ini adalah formalin, boraks dan pewarna tekstil agar makanan yang dihasilkan kelihatan lebih menarik dan tahan lama, kata Mikhdad.

Januismadi mengatakan, dalam rangka mewujudkan pangan yang sehat dan aman di sekolah-sekolah, disamping sosialisasi dan pembinaan yang terus menerus, kita telah mengalokasikan dana untuk penyediaan makanan yang sehat dan bergizi di sekolah, terutama di sekolah dasar melalui program PMTAS (Program Makanan Tambahan Anak Sekolah). 

"Walaupun belum merata ditemui di sekolah dasar yang ada. Harapan saya dalam pelaksanaan betul-betul dikawal dan diawasi sehingga lebih tepat sasaran dan sesuai harapan karena pangan yang sehat dan aman berperan dalam mencerdaskan bangsa," pungkasnya. 

(dewi/OLP)
×
Berita Terbaru Update