Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gawat! Kota Pariaman Peringkat 3 HIV AIDS di Sumbar, Pemko Bentuk Komisi Penanggulangan

20 Maret 2014 | 20.3.14 WIB Last Updated 2014-03-20T06:39:10Z




Pemko Pariaman membentuk Komisi Penanggulangan HIV AIDS Pariaman Tahun 2014 melalui SK Walikota Pariaman Nomor: 107/440/2014. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV (Human Immuno Deficienty Virus) AIDS di Kota Pariaman.

Komisi penanggulangan HIV AIDS Kota Pariaman mempunya tugas dan fungsi sebagai berikut;

1. Mengkoordinasi rumusan kebijakan , strategi dan langkah-langkah yang diperlukan untuk penanggulangan HIV AIDS di Kota Pariaman.

2. Memimpin, mengelola, mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan penanggulangan HIV AIDS di Kota Pariaman.

3. Menghimpun menggerakan, menyediakan dan memanfaatkan  sumberdaya dari berbagai pihak untuk kegiatan penanggulangan HIV AIDS di Kota Pariaman.

Berdasarkan data P2M , kelompok usia penderita HIV terbesar sepanjang tahun 2005-2010 adalah mereka yang masuk pada kelompok usia 15-35 Tahun atau kurang lebih 85% dari total penderita HIV. Demikian dikatakan oleh Drs. Yutiardi Rivai, Apt Kadiskes Kota Pariaman, mewakili Walikota Pariaman saat membuka Rapat Komisi di ruang rapat Balaikota Pariaman, Kamis 20/3/2014.

"Fakta lain yang tak kalah mengkhawatirkan adalah temuan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) bahwa Kota Pariaman peringkat III di Sumatera Barat Tahun 2013 dalam kasus HIV AIDS," kata Yutiardi.

Disebutkan, ditemukan satu orang warga Kota Pariaman positif menderita HIV AIDS yang dirawat di RS. Aisyah Pariaman tanggal 23 Februari 2014.

"Untuk itu  sangat diharapkan peran serta KPAD Kota Pariaman untuk menyampaikan informasi terkait masalah ini kepada masyarakat dan generasi muda. Juga untuk mengajak mereka berperilaku positif," imbuhnya.

Hadir dakam rapat tersebut unsur Dinas Kesehatan, SKPD terkait, Kemenag, LSM Lentera (LSM yang bergerak merangkul penderita HIV AIDS)



Berikut susunan Komisi Penanggulangan HIV AIDS Kota Pariaman

Ketua: Mukhlis Rahman Ketua Pelaksana: Genius Umar

Wakil Ketua I: Drs. Lanefi Wakil Ketua II: Yutiardi Rivai

Sekretaris: Martini Mahyuddin

Anggota: 25 Orang diantaranya Kapolres Pariaman AKBP Gandung D Wardoyo dan sejumlah Kepala SKPD, Badan, dan Kabag.

Catatan Oyong Liza Piliang

×
Berita Terbaru Update