Hotel Nan Tongga Pariaman Terbakar!






Hotel Nan Tongga Pariaman terbakar pada pukul 04.00 Wib, 23/10/2013 Rabu dini hari tadi. Kebakaran tersebut menghanguskan 9 Kamar pada 3 Ruangan Paviliun, Atau Superior Room, Hotel tertua di Kota Pariaman tersebut.

Menurut Ema, Istri Dari Manejer Hotel Nan Tongga, Kebakaran tersebut di duga karena Arus Pendek Listrik.

"Kejadiannya pukul 4 Subuh, menghanguskan 9 Kamar atau setara 3 Ruangan Paviliun Superior. Dugaan sementara karena Arus Pendek Listrik," Ujar Ema barusan di Hotel Nan Tongga.

Lebih lanjut Ema mengatakan beruntung tidak ada Korban Jiwa dalam Musibah kebakaran tersebut.

"Paviliun dihuni satu Keluarga langganan kami, Tidak ada Korban Jiwa," Lanjutnya.

Kebakaran yang menelan kerugian lebih dari Rp.500 Juta tersebut berhasil dipadamkan sekitar Pukul 6 Pagi.

"Ada 6 Mobil Damkar, 2 Dari Kota Pariaman, 2 Kabupaten Padang Pariaman, serta 2 Dari Padang Panjang, Api dapat dipadamkan sekitar jam 6 pagi," Katanya menjelaskan.

"Kalau Kerugian diperkirakan lebih kurang 500 Juta Rupiah, Banyak perabotan dan peralatan hangus," Tuturnya.

Hotel Nan Tongga berlokasi di samping Dermaga Muara Pariaman, berhadapan Langsung dengan Pantai Gandoriah Pariaman. Dari Informasi yang kami kumpulkan, Hotel Tertua ini masih kelas Melati tiga, padahal kalau dilihat dari segi bangunan, letak Geografis, Hotel tersebut bisa dinaikan jadi kelas Bintang. Di Hotel tersebut juga memiliki Fasilitas Swiming Pool, Ruang Pertemuan, serta Caffe.


----------------------------------------------------------------------



Pada tahun 1983 Bupati Kabupaten Padang Pariaman Alm Kol Anas Malik mengundang H. Ali Amran ke pariaman untuk menjadi investor dalam pembangunan Hotel Nan Tongga.

Pada waktu itu lokasi dari hotel tersebut hanya berupa lahan kosong atau lahan tidur. Setelah adanya kesepakatan, maka dilakukan pembangunan hotel tersebut, dan peresmian Hotel Nan Tongga dilakukan pada tahun 1987 oleh Anas Malik selaku Bupati Kabupaten Padang Pariaman pada saat itu.


Walaupun di Pariaman Hotel Nan Tongga bukanlah satu-satunya hotel yang berada ditepi pantai, namun pihak hotel ingin menjadikan Hotel Nan Tongga sebagai hotel berbintang dan mampu bersaing dengan hotel-hotel lainnya yang juga berada di kota Pariaman. Namun hingga kini, hal tersebut belum terealisasi.

Catatan Oyong Liza Piliang