Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tabuik Piaman 2012 Akan Dihoyak Beserta Tari Kolosal Domestik Dan Internasional

12 September 2012 | 12.9.12 WIB Last Updated 2017-07-24T15:58:47Z
                                           efendi jamal, Kadis Pariwisata Kota Pariaman

tabuik piaman yg akan dihoyok nantinya pada tanggal 25 november 2012 dan prosesi awal yg dimulai tgl 15 november dalam istilah mangambiak tanah, dinas pariwisata kota pariaman yg dikomandani oleh Efendi Jamal berusa semaksimal mungkin bagaimana helat tahunan dan maskot pariaman ini tampil AKBAR.. hal itu ia sampaikan ketika saya mewawancarai beliau dikantornya sore tadi rabu 12/9/2012.

Efendi Jamal berujar suatu modal besar bagi Tim kesenian kita yg menjuarai pekan budaya Sumbar disolok tempo hari, sehingga tim kesenian kota pariaman diundang pada tgl 17sep nanti untuk tampil di PON PEKANBARU,serta juga mewakili sumbar untuk berlaga dipekan budaya nasional dimedan ujarnya dengan langgam bicara penuh kerendahan hati seperti biasanya.

Efendi Jamal mengajukan anggaran sebesar 1 milliar rupiah kepada DPRD KOTA PARIAMAN untuk tabuik 2012 ini dan berharap DPRD mensahkannya.. ia menukuk jelang prosesi adat pengambilan tanah tgl 15 hingga tabuik dihoyak berbagai acara kesenian dan pasar malam akan digelar.. "kami akan mendatangkan tim kesenian dari singapura,malaysia,jakarta, jambi,bangka belitung, dan pada tabuik gadang akan diadakan tari kolosal dengan lighting yg bagus " tukuknya.. "kita akan upayakan semaksimal mungkin agar even ini berskala internasional" ujar efendi jamal bersemangat.ia juga berujar dalam tabuik nanti tidak lagi menggunakan baju kaos, namun menggunakan baju silek sebagaimana orang dulu.

pembentukan panitia tabuik dan pemilihan ketuanya nanti dirapatkan pada tgl 24 september ini... masyarakat yg akan memilihnya ujar efendi. setelah panitia terbentuk PEMKO melalui dinas Pariwisata akan menandatangani MOU dengan Panitia Tabuik Nagari, agar dana yg keluar jelas dan transparan untuk memudahkan BPK mengauditnya, ujar Camat terbaik SUMBAR th 1997 ini.

meskipun tabuik pasa dan subarang yg akan dihoyak dikota pariaman ini tentu tidak terlepas dari piaman yg cakupannya sampai kewilayah kab pd pariaman,"ini perlu ditegaskan karena meskipun bernama tabuik pasa dan subarang, namun ini adalah budaya pariaman dengan cakupan yg luas" ujar efendi. ia menambahkan peran PKDP sangat diharapkan dalam hal ini bersebab ini adalah budaya turun temurun kita yg musti kita bersama-2 pula melestarikan dan membesarkan even tahunan ini..

nantinya Dinas Pariwisata akan bekerjasama dengan KOPERINDAG agar ikut andil dalam bazar ,kuliner asli pariaman hendaknya dikemas dg apik dibazar itu , tambahnya lagi.. efendi juga berharap agar tabuik miniatur didorong pembuatannya (oleh pengrajin) oleh dinas tersebut agar jadi cinderamata bagi sanak perantau dan wisatawan .."tabuik mini semoga mengobat kerinduan bagi dunsanak kito dirantau" ujar efendi jamal dengan ekspresi serius..

Dinas Pariwisata Kota Pariaman nantinya juga bekerjasama dengan ISI (Institute Seni Indonesia) PADANG PANJANG dalam hal yg dirasa perlu dalam kegiatan kesenian tari kolosal Tabuik Gadang nanti, "kerjasama ini penting sekali " ujar efendi yg berharap agar dalam pesta budaya tabuik nanti janganlah hendaknya ada campur tangan politik, serta berharap kejernihan hati kita bersama akan menghasilkan sesuatu yg besar bila segala persepsi disamakan dalam even budaya Tabuik Piaman ini..

catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update