SAPMA PP SUMBAR : DISAAT DARAH ANAK PP TERTUMPAH TAK PERCUMA

                                             DONOR DARAH SAPMA PP SUMBAR

SAYA masih ingat sekitar sebulan yg lalu ketika sepulang dari menghadiri pesta pernikahan anak kakak istri saya digasan gadang kab pd pariaman, sekira hampir dinaras hp saya berdering, saya slow kan mobil saya guna mengangkat telpon ini, ketika itu malam sekitar jam 10 lewat habis hujan lebat pula. ternyata telpon dari mahdiyal hasan  ketua sapma pp sumbar. dalam pembicaraan singkat via telpon mahdial meminta bertemu dengan saya,dan saya minta mahdial dan teman-temannya menunggu sekitar 15 menit paling lama  .


                                 MAHDIAL HASAN SH KETUA SAPMA PP SUMBAR 

beberapa saat setelah mengantarkan istri dan kedua anak saya kerumah, lanjut saya temui mahdial dimana ia menunggu saya. ketika itu adik2 dari petinggi sapma pp (satuan pelajar mahasiswa pemuda pancasila) sumbar ini memang datang dari padang hendak menemui saya dan ada agenda yg hendak mereka sampaikan kepada saya sebagai senior. bersama mahdial ada 2 adik2 lainnya yg baru kali itu bertatap muka dg saya, diantaranya ketua bem ubh yg saya lupa namanya, dan seorang lagi yg juga aktivis mahasiswa unand yg aktif berorganisasi. seketika saya ajak mereka menuju los lambuang , dimana tempat yg bagus buat maota sambil berkuliner malam hari.

ketika itu mahdial meminta masukan saya siapa yg pantas memimpin ketua sapma pp pariaman, dan juga menyampaikan beberapa agenda sapma pp sumbar 2012-2013. ada beberapa item yg dijelaskan mahdial dan teman-teman.ikhwal ketua sapma pp kota pariaman saya tegaskan  mahdial mencari sosok yg loyal, bermental leader dan paham akan bela negara. hanya itu yg saya tekankan kepadanya, dan mengenai baksos saya sangat menyambut gembira akan hal ini, dalam agenda 2012-2013 sapma pp sumbar akan menghelat beberapa bakti sosial, mahdial menjabarkan secara terperinci yg membuat saya mengurut-ngurut janggut..sarjana hukum unand ini sangat piawai dalam merinci dan menerangkan kepada saya dan juga beberapa sahabat saya yg semeja ketika itu..

nah barusan saya mendapat kabar dari rizky piliang pengurus sapma pw sumbar. apa yg disampaikan mahdial ketika itu ikhwal baksos telah mereka realisasikan pada tanggal 12 juli 2012 kemaren dikantor MPW PP SUMBAR.sapma pp sumbar mengkoordinir lembaga-lembaga kampus, dan masyarakat selingkungan kota padang serta pengurus cabang sapma yg ada disumbar dan sc234 dan juga warga sekitar gor h agus salim untuk mendonorkan darahnya,rizky dan mahdial mengatakan bahwa ini adalah rangkaian kegiatan CARE EXPO 2012 SAPMA PP PW SUMBAR. mulai dari donor darah. lomba fotografi, lombakarya tulis dan juga dialog interaktif.

dalam donor darah yg diadakan dikantor MPW PP SUMBAR INI terkumpul 30 kantong darah yg nantinya akan disumbangkan pada yg membutuhkannya melalui PMI.ini adalah kegiatan yg sangat positih, dimana disaat yg sama saya barusan membaca berita detik.com ikhwal tawuran anak PP dan FBR dijakarta dan tangsel, serta IPK VS PP DIMEDAN .banyak darah anak PP terbuang percuma akibat bentrok dengan ormas-ormas saingan, apa dikata.. sudah berbagai upaya dilakukan buat mencari solusi ikhwal adu otot ini, semoga nanti ketemu solusi yg pas..

kearifan lokal yg pernah saya tekankan kepada ketua sapma pp sumbar mahdial hasan sh ini ialah bahwa minangkabau ranah yg menjunjung tinggi nilai2 adat dan budaya, pemuda pancasila jangan sekali-kali pernah melanggar pagar batas norma2 sosial dan kearifan lokal ranah minangkabau ini, pemuda pancasila harus jadi pengawal sendi-sendi pondasi adat istiadat minangkabau dengan berperilaku humanis, berakhlak dan menerapkan prinsip2 adat yg telah terbukti mencetak sdm unggul dinegara ini sebagaimana bung hatta, st syahril , buya hamka dan masih banyak lainya..


dan pemuda pancasila musti merubah stigma yg melekat sebagai ormas yg dicap negatif.. itu musti dari diri kita dulu yg merubahnya.. memberikan contoh dan tauladan bagi kader-kader lainnya, dan pemuda pancasila sumbar sudah lama menuju kearah sana.. dan sapma pp sumbar jangan ditanya pula kiprah positifnya..

catatan oyong liza piliang