Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

money oriented , budaya baru di negeri ini

3 Juni 2012 | 3.6.12 WIB Last Updated 2012-06-04T04:35:19Z

hal ini bisa terjadi dimana saja. money oriented atau segala sesuatunya diukur dengan uang, baik dikalangan birokrasi, politisi , masyarakat, bahkan ormas2 dan lsm. kita bicara fakta saja.. hal ini sangat mencolok sekali dimata kita, seperti dibertakan republika bagaimana bobroknya sistem birokrasi dinegara ini, uang pelicin yang dalam bahasa hukumnya termasuk suap dan korupsi begitu mudah kita temui disetiap instansi 2 pemerintahan dan aparatur negara. apakah hal ini bagi mereka yang menjabat tidak menyadari perilaku demikian sama artinya dengan merusak dan menghancurkan negara secara sistematis dari dalam? ada yang tau dan ada juga yang tidak.. mereka sama2 memicingkan mata ! 




berapa banyak diskusi dan seminar yang membahas topik ini di indonesia, dan bahkan tak jarang pula mengundang pejabat2 sentral dinegara ini, mereka mendengar, ikut membahas dan memberi jalan keluar. namun tiba diaplikasi? tidak usah ditanya.. habis seminar itu , habis pula mereka memikirkan hal yang baru saja dibahasnya. dan tak jarang juga beberapa saat kemudian mereka dituding rekan2nya yg terlibat kasus korupsi mengatakan bahwa "sipolan" tersebut tadi sipemakan suap! koruptor ! kacau.. munafik bin "cingauak baroda" tipe pejabat demikian. tampilan luarnya malaikat ternyata didalamnya "sarang jin iprit".






untuk negara yang sehat harus dibuat sistem yang kuat. gampang saja.. kita ambil darimana segala sumber permasalahan ini terjadi, money oriented yang berujung pada perilaku koruptif. lalu kita buat sebuah sistem ditingkat pusat yang sangat menjerakan mereka.. bukankah itu gampang ! dalam ilmu psikologis analisis. otak manusia didisein dengan dua pola pikir, yang pertama gampang.. bila sesuatu hal dan permasalahan meskipun rumit bila pola ini diterapkan jadi gampang. yang kedua rumit, meskipun segala sesuatunya atau permasalahan itu mudah diatasi akan jadi rumit bila kita memakai kajian cara kerja otak manusia dalam psikologis analisis ini. bagi saya gampang saja untuk memajukan negara ini.. berlakukan hukuman mati untuk para koruptor ! efek bola saljunya akan besar. dan akan mengubah sistem ketatanegaraan dan birokrasi itu sendiri.. dan tanpa disadari akibat efek domino yang diberlakukan tersebut akan terbuat sebuah sistem ketatanegaraan dan birokrasi yang sehat.. siapa sih yang tidak takut dihukum mati dinegara ini ??

catatan oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update