Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Utusan khusus Presiden kawal khusus program pengentasan kemiskinan di Pariaman

11 September 2023 | 11.9.23 WIB Last Updated 2023-09-11T12:01:31Z


Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengklaim program pengentasan kemiskinan di Kota Pariaman berjalan dengan baik dengan statistik terus mengalami penurunan.

"Angka pengangguran juga menurun namun hasilnya masih belum optimal," ungkap Genius Umar saat bertemu dengan Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, M Mardiono di Pariaman, Minggu (10/9).

Kehadiran Mardiono di Pariaman atas undangan Pemko Pariaman. Pada kesempatan itu Genius memaparkan capaian dan sejumlah PR terkait program pengentasan kemiskinan di Kota Pariaman.

"Untuk mengatasinya kita memiliki terobosan dan program utama pengentasan kemiskinan sekaligus menekan angka pengangguran melalui Program Masyarakat Unggul dan Peduli," ucapnya.

Program tersebut dijalankan melalui peningkatan SDM, pengembangan, perluasan komoditi industri, program vokasi serta pendidikan lanjutan kedinasan.

Untuk mewujudkan masyarakat unggul tersebut, imbuh Genius, perlu adanya peningkatan kualitas SDM masyarakat karena SDM merupakan investasi tertinggi yang jauh melebihi semua peralatan, tekhnologi dan sistem.

Pemberdayaan masyarakat melalui mekanisme dan tata kelola sistematik memiliki dampak langsung pada pengentasan kemiskinan juga ketahanan pangan, ketimpangan sosial, dan kemandirian masyarakat yang mampu menjawab berbagai persoalan di tengah masyarakat, sehingga diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi.

"Dengan berbagai program yang telah diterapkan dan dilaksanakan selama ini, kiranya dapat mewujudkan masyarakat yang unggul dan produktif demi kota Pariaman yang lebih maju," kata Genius.

Sementara Mardiono menyebut UKP berada antara pemangku kepentingan yang secara substansi menangani kemiskinan yang teregulasi.

UKP menurutnya harus mampu membuat antarpemangku kepentingan bekerja sama dimulai dari lembaga pemerintah karena secara substansi dan regulasi penanganan kemiskinan memang harus dilakukan antar pemangkukepentingan

“Untuk itu kami dari UKP akan memberikan perhatian dan pengawalan khusus kepada Kota Pariaman sehingga apa yang menjadi program pengentasan kemiskinan segera terwujud,” kata Mardiono. (Desi/*)

×
Berita Terbaru Update