Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MTQ Sumbar Ke-37 di Pariaman Berlakukan Sistem Online

6 Februari 2017 | 6.2.17 WIB Last Updated 2017-02-06T12:38:23Z


Walikota Pariaman Mukhlis Rahman kembali menegaskan pelaksanaan MTQ Ke-37 tingkat Sumatera Barat di Kota Pariaman dipersiapkan sematang mungkin oleh segenap panitia.

"Mulai dari tempat hingga persiapan pelaksanaan acara dengan kejelasan pembagian tugas selama MTQ berlangsung. Kota Pariaman secara kepanitiaan harus siap sukseskan MTQ ini," tegas Mukhlis saat membuka rapat kerja pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar di Aula Balaikota Pariaman, Senin (6/2/2017).

Ia meneruskan, dengan semangat penyelenggaraan MTQ terbesar di Sumbar itu diharapkan memacu pertumbuhan wisata religi di Pariaman. Hal itu menurutnya motivasi bagi pihaknya  dalam membenahi sarana dan prasarana penunjang pariwisata yang islami.

Mukhlis juga mengimbau bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memantau aktifitas generasi muda yang berkelakuan di luar kewajaran atau kepantasan dalam norma Islam di beberapa lokasi wisata.

"Masyarakat harus memberikan teguran, jangan malah memposting di media sosial agar pemerintah disalahkan. Segera laporkan ke Satpol PP jika yang bersangkutan tidak mau ditegur," imbaunya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar diwakili Kabid Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf, Maswar, menyatakan bahwa MTQ ke-37 Sumbar di Pariaman dilaksanakan dengan konsep berbeda dari pelaksanaan MTQ sebelumnya.

Pihaknya akan mensinkronkan kepanitian kota dengan pihaknya demi suksesnya pelaksanaan MTQ tersebut. Ia menerangkan, MTQ Sumbar ke-37 di Pariaman, pertama kalinya menggunakan sistem e-MTQ dalam pendataan peserta kafilah MTQ.

"Artinya kita akan coba berlakukan sistem intenet secara online bersama Kantor Catatan Sipil dalam mendata kafilah dengan mencocokan domisili dan nomor identitas keluarga-- dengan tujuan memastikan para peserta MTQ ini memang betul-betul berasal dari 19 kota/kabupaten dalam provinsi Sumatera Barat,” ujar Maswar.

Hal itu, imbuhnya bertujuan sekaligus penyeleksian kafilah yang akan dikirim untuk mewakili provinsi di MTQ tingkat nasional.

Rapat diikuti oleh Wakil Walikota Genius Umar, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Kakenmenag Kota Pariaman Muhamad Nur, Staf Perwakilan Gubernur Sumbar Karimis, Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Maswar serta Perwakilan Polres dan Kodim 0308 Pariaman serta jajaran SOPD Kota Pariaman.

Phaik/OLP
×
Berita Terbaru Update